Tes Alergi Pada Anak

3 Jenis Tes Alergi Pada Anak yang Dapat Disesuaikan dengan Kondisi

Tes alergi pada anak dapat dilakukan apabila anak mengalami gejala yang dicurigai seperti alergi berat. Sedangkan untuk tes alergi yang dilakukan ini pun tidak akan dilakukan di semua kasus penyakit alergi. Dengan melalui tes alergi, maka dapat diketahui adanya faktor pencetus gejala dari alergi tersebut.

Menjadi seorang ibu haruslah lebih selektif dalam mengetahui kondisi anak, terlebih lagi untuk buah hati yang memiliki riwayat alergi. Ada banyak jenis tes alergi anak yang dapat dilakukan untuk memastikan bahwa buah hati Anda sakit karena alergi atau hal yang lainnya.

Berikut ini ada beberapa tes cek alergi pada anak yang dapat Anda ketahui, diantaranya:

  1. Tes alergi SPT atau Skin Prick Test

Jenis tes ini memiliki sifat yang tidak invasif, aman dan untuk hasilnya bisa didapatkan dengan cepat, yaitu cukup dengan 15 hingga 20 menit saja. Selain harganya yang lebih murah, maka untuk hasil yang di dapatkan nya pun juga cukuplah baik.

Namun sayangnya, tes ini tidak bisa dilakukan apabila:

  • Kulit mengalami kelainan, karena tes SPT hanya dapat dilakukan pada jenis kulit yang sehat saja.
  • Anak yang sedang mengkonsumsi obat anti alergi. Apabila obat yang dikonsumsi tersebut diberhentikan, maka keluhan terhadap alergi pun akan semakin berat dan bisa mengganggu.
  • Kondisi kulit yang berubah menjadi merah dan bentol jika ditekan maupun tergores sesuatu.

Untuk prosedur dari tes SPT yaitu seperti berikut ini:

  • Pasien akan diteteskan beberapa jenis cairan alergen pada bagian lengan bawah.
  • Jarum digunakan sebagai penusuk atau pen cukit kulit di bagian lokasi yang alergi. Proses ini dapat menimbulkan rasa sakit, namun tidak menimbulkan pendarahan.
  • Apabila semua alergi sudah di cukit, maka buah hati Anda diharuskan untuk menunggu, kurang lebihnya 5 menit.
  • Setelah 15 menit, maka akan menimbulkan benjolan warna merah pada bagian lokasi yang mengalami alergi.
  1. Tes IgE secara Spesifik dalam darah

Ketika anak melalui tes IgE dalam darah, maka untuk hasil pemeriksaan harus menunggu hingga beberapa hari. Sedangkan untuk harga yang ditawarkan pun juga cukup majal dibandingkan dengan tes SPT.

Apabila buah hati Anda tidak memungkinkan untuk tes SPT, maka Anda bisa memilih tes IgE. Perihal hasil yang di dapatkan antara IgE dan SPT setara, dengan demikian, si kecil tidak harus melakukan pemeriksaan tes dua kali.

  1. Tes uji tempel kulit

Tes uji tempel kulit dilakukan sebagai salah satu pemeriksaan untuk melakukan evaluasi reaksi hipersensitivitas pada tipe lambat. Proses uji alergi ini bisa dilakukan pada kulit selama 2 hingga 3 hari. Namun sayangnya, untuk pemeriksaan ini pun tidak perlu dilakukan secara rutin.

Untuk hasil tes cukuplah bervariasi dari waktu ke waktu, karena hal ini tergantung dari paparan yang sudah dialami buah hati terhadap pada alergi. Hasil tes dari alergi positif belum tentu menjadi pencetus dari gejala alergi yang saat ini sedang dialami oleh buah hati.

Agar hasil dari tes alergi akurat, maka bisa digabungkan pada anamnesis yang lebih cermat agar bisa menentukan alergi pencetus nya. Sedangkan dokter nantinya akan melakukan analisis dari hasil pemeriksaan maupun melakukan evaluasi pada hasil tes alergi maupun pada gejala yang sedang ditimbulkan.

Masih ada banyak lagi pemeriksaan lain untuk anak yang sedang mengalami alergi. Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan tes alergi pada buah hati Anda, maka Anda harus mengonsultasikan kepada dokter agar bisa diarahkan pada jenis tes yang tepat dan sesuai dengan kondisi bayi.

Copyright Javier Mini Blog 2019
Shale theme by Siteturner