3 Permainan Tradisional yang Buat Rindu Masa Sekolah

3 Permainan Tradisional yang Buat Rindu Masa Sekolah

Permainan tradisional adalah permainan khas daerah di Indonesia yang biasanya masih menggunakan alam untuk bermain, permainan ini dapat menghindarkan anak anak dari ketergantungan bermain gadget. Berikut adalah permainan yang berasal dari daerah yang buat Anda rindu masalah.

1. Egrang

Permainan egrang adalah salah satu permainan khas Indonesia yang bisa digolongkan sebagai bagian dari olahraga tradisional. Egrang merupakan permainan yang menggunakan batang bambu, dan sangat memerlukan keahlian khusus yang baik karena permainan ini benar-benar tidak mudah.

Permainan ini dibuat dari bambu lalu dipotong seperti tongkat yang dapat dinaikkan serta digunakkan untuk berjalan. Permainan ini dapat mendatangkan banyak manfaat positif bagi yang memainkannya. Permainan ini dapat melatih keberanian, ketekunan, hingga melatih kekuatan dan kesabaran.

Permainan ini sudah cukup jarang terlihat apalagi di kota-kota besar, namun biasanya di kampung ketika ada perlombaan dalam rangka 17 agustus dan lain sebagainya, permainan ini menjadi pilihan untuk dilombakan.

2. Gobak Sodor

Permainan tradisional yang satu ini adalah permainan yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Gobak bermain dengan menggunakan lapangan yang memiliki bentuk segi empat yang berpetak-petak, permainan ini dimainkan secara grup yang terdiri dari 3-5 orang. Lapangannya berukuram 9 x 4 meter dan dibagi menjadi enam bagian.

Cara bermainnya adalah anggota tim yang mendapat giliran untuk menjaga lapangan yang dibagi dua, mereka menjaga di garis horizontal serta batas vertikal. Permainan ini dibagi menjadi 2 kelompok yang berisi 3 orang tiap kelompoknya.

Satu kelompok memiliki tugas menjaga kotak, sementara kelompok lainnya menyerang dan harus mampu melewati kotak yang dijaga tanpa bersentuhan dengan penjaga, jika tersentuh maka yang menyerang harus bergantian menjaga.

3. Petak Umpet

Permainan selanjutnya adalah permainan petak umpet, permainan ini selalu ada hingga kini seolah tidak lekang oleh waktu, permainan ini dapat dimainkan oleh minimal 2 orang tanpa ada batas maksimal.kemungkinan besar anak di Indonesia pernah memainkan permainan ini karena permainan ini tidak memerlukan properti apapun selain peserta.

Aturan yang dimiliki permainan ini adalah salah seorang pemain harus menjaga pos sambil memejamkan mata dan menghitung sembari anak-anak yang lain bersembunyi di suatu tempat sekitar putis, setelah beberapa hitungan, penjaga harus mencari pemain yang bersembunyi.

Permainan ini akan lebih seru jika dimainkan lebih dari 3 orang karena penjaga akan semakin mudah menemukan pemain serta dapat dengan cepat berganti posisi. Permainan ini selalu ada hingga kini hanya saja tidak sesering zaman dahulu disaat teknologi belum maju seperti saat ini.

Demikianlah permainan khas Indonesia yang dapat mengingatkan Anda pada zaman sekolah dulu, jika Anda tertarik dengan artikel terkait atau artikel hiburan sejenis, Anda dapat dengan mudah mengunjungi Orami dan menemukan artikel yang Anda cari yang bisa Anda gunakan sebagai referensi atau penghibur di kala waktu padat Anda.