5 Jenis Makanan Berserat Tinggi untuk Anak

5 Jenis Makanan Berserat Tinggi untuk Anak

Pada dasarnya tubuh memerlukan berbagai macam jenis nutrisi atau asupan gizi untuk melakukan energi dalam beraktivitas. Salah satunya adalah nutrisi berupa serat. Apalagi serat yang dibutuhkan untuk anak untuk menjaga kesehatannya dalam mencegah berbagai macam penyakit. Berikut ini ada beberapa informasi mengenai jenis makanan berserat tinggi untuk anak yang bisa Anda berikan setiap hari.

1. Buah-Buahan

Pertama ada buah-buahan. Pada buah-buahan mengandung banyak manfaat yang dapat menjaga kesehatan tubuh. Terutama anak yang dalam proses pertumbuhan dan perkembangan.

Anda bisa memberikan berbagai macam buah-buahan setiap hari secara bervariasi. Terutama yang mengandung serat harus Anda sajikan setiap hari. Pasalnya, adanya kandungan serat dapat memperlancar sistem pencernaan anak.

Anda bisa memilihkan buah seperti alpukat, jambu biji merah, apel, pir, mangga dan pepaya. Anda bisa menyajikannya secara langsung dengan cara dipotong kecil-kecil. Bisa juga Anda olah menjadi jus yang bisa dibawa anak sebagai bekal ke mana saja anak pergi. Jika anak terlalu bosan mengonsumsi buah, Anda bisa mengolah buah dengan tambahan menu lainnya.

2. Sayur

Selain buah-buahan, Anda juga bisa menyajikan sayur pada menu makanan anak setiap hari. Saat Anda membuat menu sayur, Anda bisa memvariasikan olahan sayur. Salah satu sayuran yang mengandung banyak serat bisa Anda temui pada wortel, kentang, sayuran hijau, timun, hingga pare.

Apabila anak susah dalam mengonsumsi sayur yang diolah menjadi kuah, Anda bisa mengolahnya menjadi topping atau bisa juga menempatkannya di dalam menu lainnya. Misalnya menjadikannya isi sandwich.

3. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan juga baik untuk mencukupi kebutuhan serat anak. Jangan lupa juga olah sedemikian menariknya hingga nafsu makan anak menjadi meningkat. Apabila anak tidak bisa memakan makanan berupa kacang-kacangan, Anda bisa mengolahnya menjadi saus salad atau bentuk olahan lainnya. Terutama bagi anak yang tidak memiliki gigi atau memiliki masalah terhadap giginya.

4. Gandum

Menu makanan berikutnya yang bisa Anda berikan adalah berupa gandum. Bentuk dari gandum ini beraneka ragam. Misalnya saja dalam bentuk oatmeal, bisa juga bentuk roti yang terbuat dari gandum, dan juga bisa berupa sereal yang kaya akan kandungan gandum. Gandum dipercaya menjadi salah satu menu yang cepat membantu anak menjaga sistem pencernaannya. Terutama bagi anak yang sering mengalami konstipasi atau sembelit.

5. Umbi-umbian

Umbi-umbian bisa juga Anda sajikan dalam menu harian anak. Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai macam bentuk agar anak tidak bosan dalam mengonsumsinya. Bisa Anda sajikan seperti bola ubi goreng, bisa juga Anda olah menjadi ice cream ubi dan lain sebagainya yang bisa dikreasikan.

Nah itulah beberapa jenis makanan berserat tinggi untuk anak yang bisa membantu menjaga kesehatannya. Terutama dalam hal menjaga sistem pencernaannya. Apabila Anda bisa menjaga sistem pencernaan anak, bisa dipastikan anak terhindar dari berbagai macam penyakit. Pasalnya, anak sering mengalami penyakit melalui sistem pencernaannya.

Copyright Javier Mini Blog 2020
Shale theme by Siteturner