Cara Mengobati Kucing Jamuran Secara Efektif

6 Cara Mengobati Kucing Jamuran Secara Efektif

Kucing termasuk hewan yang mudah terserang penyakit. Beberapa kucing disuntik setiap beberapa bulan sekali agar menjaga kesehatannya. Jamuran adalah penyakit yang mampu menyerang segala jenis kucing. Penanganan dan perawatan yang tepat dapat meminimalisir penyakit ini. Berikut adalah beberapa cara mengobati kucing jamuran secara efektif.

  1. Karantina Kucing

Kucing dapat menularkan jamur kepada manusia dan sekitarnya. Apabila terdapat jamur, segera pisahkan kucing dari lingkungannya dengan memberi kandang khusus. Pilih kandang berukuran medium untuk tinggal sementara. Gunakan kandang yang transparan dan luas agar tidak mengalami stress. Jangan lupa bersihkan kandang dan peralatan makannya.

  1. Gunakan Shampoo Anti Jamur

Memandikan dengan shampoo anti jamur adalah tindakan efektif. Anda dapat menggunakan Ketoconazole yang dapat memberantas jamur. Mandikan dengan shampoo ini sebanyak dua kali seminggu. Gunakan air bersih dan mengalir agar jamur dan kotoran tidak mengendap dan ikut terbuang. Keringkan kucing Anda agar tidak menjadi tempat tumbuh jamur.

  1. Bedak Anti Jamur

Obat ini dapat Anda temukan di petshop atau toko kesehatan hewan peliharaan. Taburkan bedak tersebut pada area kucing yang berjamur. Dengan itu, jamur tidak akan lagi menyebar ke area yang lain. Gunakan tabung pada kepala kucing agar tidak terkena mata dan tidak menjilati bedak tersebut di sekitar tubuhnya.

  1. Gunakan Belerang

Gunakan belerang berbentuk cair dengan kadar konsentrasi antara 0,5 persen hingga 5 persen. Mandikan kucing dengan air bersih dan mengalir kemudian olesi dengan belerang. Gunakan belerang pada tubuh kucing seperti saat akan memberi shampoo. Mandikan dengan belerang minimal dua kali dalam seminggu. Disarankan ini adalah cara alternatif bagi kucing

Pemberian belerang dalam pengobatan kucing akan mengganggu nafsu makannya. Bau belerang biasanya mengganggu penciuman dari kucing dan menyebabkannya enggan untuk makan. Berikan Ia makan dengan cara disuap atau spoon feeding. Patikan makanan tetap masuk agar gizi dan nutrisinya tetap terjaga dan tidak mengalami masalah kesehatan lain.

  1. Menjaga Ruangan Tetap Kering

Lingkungan dan ruangan yang lembab dapat menjadi faktor kucing terkena jamur. Kelembaban ideal agar jamur tidak berkembang yaitu antara 40 persen hingga 50 persen berdasarkan hygrometer. Gunakan AC (air conditioner) berjenis Dehumidifier agar suhu kelembaban dan kekeringan di ruangan tetap terjaga dan jamur tidak mampu tumbuh.

  1. Mencukur Bulu Kucing

kulit kucing yang terkena jamur, bulunya akan rapuh dan mudah dicukur. Cukur bulu di area yang terkena jamur secara hati-hati. Jika terdapat infeksi atau sudah parah. Cukur seluruh bagian bulu agar mempermudah pengobatan. Berikan salep penghilang jamur ketika bulu sudah dicukur, berikan tempat steril dan bersih agar kulit kucing tidak mengalami iritasi.

Berikut tadi adalah 6 cara mengobati kucing jamuran secara efektif. Pemberian vitamin tambahan dapat menjaga daya tahan tubuhnya agar tidak dijangkiti penyakit lain. Jangan mencampur kucing yang sehat dengan yang terjangkit penyakit. Jika kucing Anda tak kunjung sembuh bahkan semakin parah, segeralah bawa ke dokter hewan.

Copyright Javier Mini Blog 2020
Shale theme by Siteturner