Apa Itu Gochujang? Olahan Bumbu Asal Korea Selatan

Apa Itu Gochujang? Olahan Bumbu Asal Korea Selatan

Pernah makan makanan korea? Di mana Anda akan menyiapkan hidangan? Jika ya, Gochujang adalah salah satu bahan yang sangat Anda butuhkan. Karena tidak hanya satu atau dua makanan khas Korea yang menggunakan bahan ini sebagai bahan utamanya, tapi ada banyak.

Apa Itu Gochujang?

Gochujang, yang juga bisa ditulis Kochujang, merupakan hasil fermentasi pasta cabai merah yang telah menjadi legenda di Korea. Istilah gochujang sendiri merupakan gabungan dari kata gochu yang berarti cabai dan jang yang berarti bumbu.

Gochujang ini, meski pedas, tetap enak rasanya. Ciri khas gochujang lainnya adalah rasa pedasnya yang sedikit manis meski warnanya sangat merah.

Sejarah Gochujang

Gochujang pertama kali muncul sebagai “chojang” dalam sebuah buku Cina, “Sikuisimgam”, yang diterbitkan sekitar abad ke-19. Dalam buku tersebut dijelaskan bahwa untuk mendapatkan nutrisi dan menghasilkan makanan yang sehat, orang merebus ayam dan menambahkan gochujang, deonjang, bawang merah.

Terdapat juga bukti lain dari buku yang ditulis oleh Chen Shou berjudul “Catatan sejarah tiga bangsa”, menunjukkan bahwa generasi sebelumnya di Korea memiliki kemampuan fermentasi yang hebat. Keterampilan menyeduh ini telah diterapkan pada gochujang, kimchi, dan bahkan deonjang. makanan populer dengan Korea sejak zaman kuno.

Bahan Membuat Gochujang

Bahan baku untuk membuat gochujang bervariasi menurut wilayah dan waktu. Gochujang biasanya dibuat dari campuran ketan, bubuk cabai, bubuk kedelai yang difermentasi dan garam yang kemudian “dimasak” dengan cara fermentasi.

Karena durasi lama fermentasi, kepedasan bubuk cabai sedikit berkurang, serta rasa manis yang berasal dari ketan.

Telah Tersedia Gochujang Instan dan Praktis untuk Aneka Makanan

Saat ini, pabrik gochujang dapat ditemukan di supermarket di Korea dengan harga yang tidak terlalu mahal. Sementara itu, gochujang tradisional akan dihargai dua kali atau bahkan tiga kali lipat dari gochujang pabrik.

Sama seperti saus pedas tradisional dari daerah lain, gochujang di Korea tidak hanya biasa digunakan sebagai bumbu, tetapi juga bisa digunakan sebagai saus atau bahkan bumbu perendam daging. Ada makanan khas Korea lainnya yang menggunakan gochujang sebagai bumbu utama, seperti budae jjigae atau rebusan tentara Korea, dakgalbi atau ayam tumis pedas dan yang paling populer adalah tteokbokki, kue beras