Berikut Ini Amalan Terbaik di Bulan Ramadhan, Simak!

Berikut Ini Amalan Terbaik di Bulan Ramadhan, Simak!

Sebagai umat muslim tentunya kita selalu menunggu-nunggu satu satu bulan yang sangat spesial yaitu bulan Ramadhan. Di bulan Ramadhan kita diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa, melakukan shalat Tarawih, dan merayakan kemenangan di hari raya Idul Fitri. Selain itu kita juga disarankan untuk meningkatkan ibadah seperti berdoa dan sebagainya.

Doa merupakan salah satu ibadah yang penting sebab doa bisa merubah takdir. Selain itu sejak kecil kita sudah diajarkan beberapa doa seperti doa untuk orang meninggal, doa doa orang sakit dan sebagainya. Nah, kali ini kami akan memberikan informasi terkait amalan terbaik di bulan Ramdhan, simak berikut.

  1. Jangan menunda waktu berbuka

Amalan ini mungkin merupakan amalan yang paling sering disepelekan yaitu menyegerakan waktu berbuka, padahal amalan ini sangat penting. Kita tidak boleh menunda waktu berbuka ketika adzan Maghrib sudah berkumandang. Ada pun Rasulullah SAW menganjurkan untuk berbuka dengan kurma dan air putih, yakni Rasulullah SAW bersabda.

“Jika salah seorang berpuasa, hendaknya ia berbuka dengan kurma. Jika tidak ada kurma, maka dengan air. Sebab, air itu menyucikan,” (HR Abu Dawud).

  1. Meningkatkan sedekah

Bukan berarti ketika tidak sedang Ramadhan maka kita tidak bersedakah, hanya saja kita perlu meningkatkan amalan sedekah di bulan Ramdhan. Sebab, orang yang sedang menjalankan ibadah puasa ada baiknya memperbanyak atau meningkatkan sedekah.

Manfaat utama bersedakah tentu mendapatkan ganjaran pahala yang besar dari Allah SWT, sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa yang memberi buka orang yang puasa akan mendapatkan pahala seperti pahalanya orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahalanya sedikitpun.” (HR. Tirmidzi no. 807.)

Kita bisa berbagi makanan dan minuman kepada sahabat, kerabat, teman atau bahkan orang yang tidak dikenal untuk berbuka.

  1. Memperbanyak membaca Al-Qur’an

Amalan penting di bulan Ramadhan selanjutnya yaitu memperbanyak membaca Al-Qur’an, dimana amalan ini sangat penting. Kita bisa pergi ke masjid untuk ikut tadarus, atau dirumah dengan niat untuk khatam Al-Qur’an selama bulan Ramadhan. Tentunya semakin kita memperbanyak membaca dan mengkhatamkan Al-Qur’an, maka akan semakin banyak pahala yang bisa kita dapatkan.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa yang membaca satu hurud dari Al-Qur’an maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan.”

  1. Menjaga perkataan

Amalan yang satu ini mungkin bisa menjadi amalan yang paling berat yaitu menjaga perkataan atau menjaga lisan. Apalagi kita manusia tidak bisa lepas dari kata khilaf, maka dari itu ada baiknya kita mengurangi interaksi yang dapat memicu perkataan buruk. Hal ini tentunya sangat penting untuk dihindari sebab perkataan yang tidak baik bisa mengurangi pahala kita.

  1. Melaksanakan sahur

Beberapa orang lebih memilih untuk tidak melaksanakan sahur dengan alasan kuat menjalani puasa walaupun tidak sahur. Padahal sahur merupakan amalan yang sangat penting di bulan Ramadhan sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:

“makan sahurlah kalian, sesungguhnya di dalm sahur itu terdapat berkah.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Mendapat keberkahan di bulan Ramadhan tentu menjadi salah satu misi utama, maka dari itu jangan pernah meninggalkan sahur ya guys.

Nah, itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan terkait beberapa amalan penting di bulan Ramadhan. Mudah-mudahan informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan agama kita semua, terimakasih.