cara mengobati demam pada anak

cara mengobati demam pada anak

Demam merupakan salah satu kondisi yang sering dialami oleh anak. Pada anak sehat, demam biasanya bukan menjadi suatu masalah yang serius, akan tetapi sebagai orang tua pasti menginginkan sang buah hati sehat tetap dalam keadaan baik. Namun, terjadinya demam itu sendiri adalah suatu tanda bahwa tubuh sedang berusaha untuk melawan infeksi yang ingin menyerang sang anak. Tidak semua demam harus diobati ke dokter, kadang Anda bisa mengatasi demam pada anak dengan pengobatan rumahan saja. Namun, demam tinggi membuat anak tidak nyaman dan bisa menyebabkan dehidrasi berat pada sang anak tersebut. ketika anak demam, kita sebagai orang tua dapat lakukan berbagai upaya dan mencari cara mengobati demam pada anak. Pertama yang harus dilakukan adalah menurunkan demam sang anak tersebut, hal ini bisa dilakukan dirumah, karena pada umumnya demam bisa lakukan penyembuhan dirumah tidak perlu kedokter. Seorang anak dikatakan sedang mengalami demam jika suhu tubuhnya mencapai angka 37° C atau lebih. Biasanya suhu tubuh anak naik-turun saat demam, lebih rendah pada pagi hari dan  lebih tinggi di malam hari. Berikut cara mengobati demam pada anak untuk dilakukan dirumah:

  • Makan yang banyak

Jangan larang makanan yang ingin anak makan apalagi ketika demam. Biarkan sang anak makan apa yang ingin dia makan selama makanan itu tidak berbahaya. Karena pada umumnya penyakit demam mangakibatkan nafsu makan menjadi kurang bagi para pengidapnya. Hal ini, karena tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak saat demam. Sehingga, asupan makan yang banyak dapat membantu proses penyembuhannya. Jadi, tidak heran jika makan banyak adalah cara mengobati demam pada anak.

  • Kompres dengan air hangat

Mengompres anak dengan menggunakan air hangat termasuk salah satu cara yang sering dilakukan orangtua untuk dijadikan cara mengobati demam pada anak. Ini merupakan sebuah cara yang sudah dipraktekkan turun-temurun.

  • Minum teh herbal

Minum teh herbal, dapat membantu mengeluarkan keringat sehingga dapat menurunkan suhu tubuh letika demam itu terjadi. hal ini dipercaya dapat mengatasi demam pada anak dan orang dewasa, herbal yang dimaksud adalah seperti teh jahe, chamomile, yarrow, elderflower, dan teh herbal lemon balm.

  • Mandi air hangat

Demam yang terjadi pada sang anak, bukan berarti tidak boleh mandi ataupun menyentuh air. Akan tetapi, disini kita bisa gunakan air hangat untuk memandikannya. Mandi air hangat (29,4-32,2° C) dianggap dapat membantu mengatasi demam anak. Air hangat yang mengenai kulit anak ketika mandi akan membantu mendinginkan tubuh dan membuat suhu tubuh anak sedikit menurun (1-2° C selama 30-45 menit). Sebaliknya, jika kita menggunakan air dingin untuk anak mandi, justru ini dapat membuat anak menggigil dan membuat suhu tubuh naik.

  • Minum air yang banyak

Tidak perlu langsung banyak dalam sekali minum, sedikit tapi lebih sering lebih baik dilakukan. Cara ini dapat membantu tubuh untuk lebih cepat mengeluarkan panas yang ada dalam tubuh. Selain dapat mengurangi dehidrasi (kekurangan cairan dalam tubuh) karena demam menyebabkan anak kehilangan banyak cairan dari biasanya.[1]

“dilansir dari laman Alodokter” ketika demam terjadi, cairan tubuh akan semakin menguap membuat resiko dehidrasi semakin meningkat. Maka dari itu, cairan memang sangat penting dalam tubuh untuk tetap selalu menjaga stamina agar selalu dalam keadaan stabil. Dengan cara minum air putih yang cukup, supaya tubuhnya tetap terhidrasi. Sedangkan pada bayi, cukupi asupan cairan dengan memberinya lebih banyak air susu ibu (ASI) atau susu formula. Selain mencukupi kebutuhan tubuh akan cairan, ada beberapa cara lain yang juga dapat dilakukan, seperti halnya, memastikan suhu ruangan tetap sejuk untuk membuat anak merasa nyaman. Dan selimuti anak dengan kain yang tipis dan buka jendela agar sirkulasi udara lebih lancar dan suhu ruangan terasa lebih sejuk. Letakkan handuk kecil yang dibasahi air hangat di dahi anak sebagai kompres. Dalam hal ini demam tidak disarankan menggunakan air dingin untuk mengompres, karena bisa meningkatkan suhu tubuh dan membuat anak menggigil. Perbanyak istirahat dan jangan dulu pergi ke luar rumah. Ketika demam terjadi pada sang anak, buatlah kondisi senyaman mungkin untuk mencegah anak menggigil ataupun kepanasan. Meski demam tinggi tidak selalu menandakan adanya penyakit serius, namun orang tua sebaiknya tetap waspada dalam hal ini.tapi, jika demam semakin tinggi maka lakukan segera penanganan dokter untuk doberikan pengobatan yang sesuai dengan kondisi anak tersebut.

Sumber: Hellosehat.com

[1] Sumber referensi Hellosehat.com

Copyright Javier Mini Blog 2019
Shale theme by Siteturner