Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Mesin Kopi

Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Mesin Kopi

Bila Anda pencinta kopi, tidak ada salahnya beli mesin kopi untuk membuat minuman kopi nikmat di rumah. Namun jangan asal beli, pastikan pilihan mesin kopi sesuai kebutuhan. Melalui mesin kopi, para pencinta kopi dapat langsung membuat minuman kopi nikmat tanpa harus pergi ke kedai kopi. Mesin kopi membantu pencinta kopi meracik minuman kopi dengan lebih praktis. Harga mesin kopi memang tidak murah jadi lebih baik mempertimbangkan banyak hal sebelum membelinya. Dalam artikel ini ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika ingin membeli mesin kopi.

  • Jenis Seduhan Kopi

Mesin kopi yang paling favorit adalah yang mempunyai kemampuan menggiling biji kopi, seduh espresso sampai membuat kopi klasik. Mesin kopi dengan fitur ini juga umumnya adalah yang paling banyak disukai pencinta kopi. Ketika memilih mesin kopi, pastikan Anda adalah tipe orang seperti apa. Jika ingin yang praktis dapat mencoba beli mesin kopi yang mempunyai cara kerja yang canggih dan otomatis.

Namun bila Anda orang yang sabar maka dapat memilih mesin kopi manual yang juga mengharuskan keahlian Anda dalam meracik minuman kopi. Sebenarnya untuk para penggemar kopi nikmat yang mengutamakan rasa, bisa memilih mesin kopi yang mempunyai fitur French Press atau model Chemex pour over. Hal ini agar mendapat hasil kopi terbaik, coba giling biji kopi saat ingin menyeduhnya.

  • Kapasitas Kopi

Perhitungkan banyaknya kopi yang Anda konsumsi untuk sehari-hari. Dengan begitu Anda dapat memilih mesin kopi yang sesuai dengan kebutuhan. Bila tidak terlalu sering meracik kopi lebih baik membeli mesin yang kecil saja. Ada mesin kecil yang dapat membuat secangkir kopi dalam sekali waktu, namun ada juga yang dapat sekaligus membuat sampai 16 cangkir kopi. Mesin dengan besar ini umumnya digunakan di sejumlah coffee shop besar. Perhatikan juga jenis kopi yang bisa diolah dengan mesin ini. Hal ini penting, karena selera orang tentunya tidak sama.

  • Fungsi Mesin Kopi

Bila anggota keluarga di rumah mempunyai selera yang berbeda, pilih mesin kopi yang memiliki banyak fungsi. Kopi yang dihasilkan dapat mempunyai karakter yang pas dengan selera baik itu kopi pekat atau kopi yang ringan. Mesin kopi saat ini juga banyak diandalkan untuk meracik jenis minuman kopi yang beragam misalnya cafe latte, cappucinno, bahkan sampai hot chocolate. Bukan hanya itu, penting juga untuk mencermati fitur penting misalnya alat pemurnian air dan pemanas air.

Untuk pecinta minuman kopi, tidak ada yang lebih nikmat dari memulai hari dengan menyeruput secangkir kopi. Anda bisa melakukan ritual pagi ini dengan mudah bila mempunyai mesin pembuat kopi sendiri di rumah. Anda juga bisa menikmati kopi ala cafe kapan saja Anda mau.

  • Mesin Kopi Drip Type

Mesin kopi yang paling banyak digunakan di antara para barista yaitu tipe drip. Untuk ekstrak kopi, Anda hanya cukup meletakkan bubuk kopi pada saringan yang ada, lalu uang air panas di atasnya. Bila Anda mau menikmati kopi dengan mudah, silakan untuk menggunakan bubuk kopi. Sesudah proses brewing, tetesan sari kopi bisa ditampung dalam server.

Server jenis drip dibuat dari dua jenis material yakni stainless steel dan kaca yang memiliki daya tahan terhadap panas berbeda. Bagi Anda yang terbiasa minum kopi sesudah diseduh, pilih tipe kaca. Berbeda bila Anda ingin menikmati kopi dengan perlahan, pilihlah material stainless steel yang mempunyai daya tahan pada panas yang cukup tinggi.

  • Mesin Kopi Por Type

Saat Anda tidak mempunyai banyak waktu, jenis ini dapat jadi penyelamat. Tipe coffee pod memang lebih unggul dari segi kemudahan mengekstrak kopi. Anda cukup meletakkan pods atau kapsul kopi ke bagian dalamnya. Daripada jenis lainnya, coffee pod ini lebih mudah dibersihkan. Daya tarik utama coffee pods adalah cara penggunaan yang praktis. Anda juga tidak harus khawatir bila salah ukuran atau bubuk kopi berhamburan.

Hal ini karena kopi ini telah ditakar pada jumlah tertentu dan terkemas dalam kantong kecil. Meskipun mempunyai harga yang sedikit lebih mahal, jenis ini lebih mudah dibersihkan dan dioprasikan. Bukan hanya itu, kopi dengan bentuk kapsul juga mempunyai cita rasa yang bermacam-macam sehingga Anda tidak mudah bosan.

  • Mesin Kopi Espresso

Walaupun memiliki nama mesin espresso, mesin ini juga dapat digunakan untuk membuat kopi biasa. Ada mesin jenis otomatis yang dapat digunakan untuk mengolah biji kopi sampai menjadi bubuk kopi. Ada juga mesin jenis manual yang memakai bubuk atau coffee pod. Lalu, bagaimana dengan jenis drip?

Mesin ini juga telah mendukung jenis drip. Anda bisa membuat kopi espresso yang nikmat dengan pressure ekstraksi 9 atm. Agar mengetahui bagus atau tidaknya sebuah brand, Anda juga dapat melihat dari harganya. Makin mahal harganya, fiturnya tentu tidak akan mengecewakan.

Copyright Javier Mini Blog 2020
Shale theme by Siteturner