Ingin Menurunkan Kolesterol Secara Alami? Ikuti 5 Tips Berikut Ini

Ingin Menurunkan Kolesterol Secara Alami? Ikuti 5 Tips Berikut Ini

Pola hidup yang tak sehat, misalnya seperti keseringan mengonsumsi makanan siap saji serta malas berolahraga, merupakan faktor utama penyebab meningkatnya kolesterol dalam darah. Jika sudah begini, risiko penyakit jantung dan strok pun mengintai. Jika kadar kolesterol dalam darah Anda terlanjur tinggi, coba ikuti 5 tips berikut ini agar bisa menurunkan kolesterol secara alami.

  1. Turunkan Berat Badan Hingga Mencapai Berat Ideal

Kegemukan atau obesitas merupakan salah satu faktor yang memicu naiknya kolesterol dalam darah. Maka dari itu, Anda yang memiliki berat badan berlebih, sangat disarankan untuk diet agar bisa mencapai berat badan yang ideal. Diet bisa Anda lakukan dengan menjaga pola makan, rutin mengonsumsi makanan sehat dan kaya gizi, serta menyertainya dengan rutin berolahraga setiap hari.

  1. Hindari Makanan Kaya Lemak Trans dan Lemak Jenuh

Siapa di sini yang sangat doyan mengonsumsi makanan cepat saji atau gorengan? Jika tak ingin kadar kolesterol dalam darah Anda meningkat dan memicu penyakit yang lebih berat, maka hindarilah pengonsumsian jenis makanan seperti itu. Makanan siap saji atau pun gorengan dikenal kaya akan kandungan lemak trans dan lemak jenuh, yang merupakan pemicu meningkatnya kolesterol. 

  1. Perbanyak Makanan Kaya Omega-3 dan Serat

Jika di atas merupakan jenis makanan yang dihindari, kali ini merupakan makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi, yaitu makanan kaya omega-3 dan serat. Asam lemak omega-3 akan membantu mengurangi tekanan darah, sedangkan serat larut air akan membantu penyerapan kolesterol di aliran darah. Makanan yang kaya nutrisi ini seperti ikan salmon, makerel, apel, dan pir.

  1. Olahraga dengan Rutin Setiap Harinya

Dengan berolahraga secara rutin, maka tak hanya akan membantu menurunkan berat badan saja, melainkan juga menormalkan kadar kolesterol dalam darah. Kolesterol jahat jadinya berkurang, sedangkan kolesterol baik akan bertambah kadarnya dalam darah. Jika tak sanggup melakukan olahraga berat, Anda bisa lakukan aktivitas fisik ringan secara rutin, misalnya seperti naik turun tangga.

  1. Menghentikan Kebiasaan Merokok Mulai dari Sekarang

Merokok sudah tersohor sebagai kebiasaan yang berpengaruh buruk pada kesehatan, utamanya sekali pada kenaikan kolesterol dalam darah. Setiap Anda merokok, maka kadar kolesterol jahat akan meningkat, sedangkan kadar kolesterol baik dalam darah akan berkurang. Maka dari itu, hentikan kebiasaan ini, agar kadar kolesterol normal, paru-paru sehat, dan tekanan darah normal.

Pola hidup yang tak sehat merupakan pemicu utama dari naiknya kadar kolesterol dalam darah. Nah, untuk menormalkannya kembali tentu Anda harus mengubah pola hidup itu menjadi lebih sehat. Anda bisa terapkan 5 tips di atas untuk menurunkan kolesterol secara alami. Dengan normalnya kadar kolesterol dalam darah, Anda akan makin merasa prima dan kesehatan pun jadi terjaga.

Copyright Javier Mini Blog 2020
Shale theme by Siteturner