Ini Dia Makanan Pantangan Asam Urat yang Harus Diperhatikan

Ini Dia Makanan Pantangan Asam Urat yang Harus Diperhatikan

Mempunyai aplikasi kesehatan sangat penting, agar kita tahu berbagai macam informasi tentang masalah kesehatan yang terjadi. Salah satunya mungkin tentang penyakit asam urat yang bisa menyerang hampir semua kalangan. Penyakit satu ini disebabkan oleh berbagai macam faktor, kemungkinan di antaranya dari segi tidak menjaga pola makan.

Kadang kita kerap kali mengkonsumsi makanan tertentu secara berlebihan, sehingga membuat gejala penderita asam urat jadi kambuh. Bagi para penderita penyakit ini, ada beberapa pantangan makanan yang harus sangat dihindari.

4 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Meskipun mungkin pantangan ini kadang diabaikan, nyatanya ketika kambuh banyak yang mengeluhkan tentang penyakit tersebut. Tapi sebenarnya apa saja makanan yang mesti atau wajib dihindari?

1. Asparagus

Asparagus merupakan salah satu makanan pantangan yang harus dihindari oleh para pengidap asam urat. Karena meskipun makanan ini baik bagi kesehatan dan mengandung asam folat, nyatanya setelah mengonsumsinya bisa membuat gejala penyakit ini kambuh.

Ada kandungan purin yang tinggi dalam sayuran ini, yang membuatnya dipantang. Dalam 100 gr asparagus mengandung kurang lebih 23 gr purin.

2. Seafood

Menyukai makanan laut bukan berarti kamu bisa memakannya terus-menerus setiap hari, karena tidak baik juga bagi kesehatan. Sama halnya dengan asparagus, aneka jenis seafood juga memiliki kadar purin yang sangat tinggi.

Adapun berbagai seafood yang harus dihindari tersebut di antaranya adalah tiram, remis, udang, cumi, dan lain sebagainya. Mungkin bisa saja kamu memakannya, tapi dalam porsi yang tidak berlebihan.

3. Gula

Gula memang harus dihindari oleh para penderita diabetes, tapi ternyata gula juga harus dihindari oleh pengidap asam urat. Hal ini dikarenakan mengkonsumsi gula berlebihan mampu membuat gejala rematik pada asam urat menjadi semakin parah.

Jadi, jika ingin memakan makanan yang manis, sebaiknya dibatasi dan mungkin bisa menggantinya dengan beberapa jenis buah-buahan yang lebih baik bagi kesehatan.

4. Durian

Nah, makanan pantangan lainnya yang harus dibatasi adalah durian, karena buahnya memang memiliki kandungan kolesterol yang sangat tinggi. Nyatanya kolesterol bukan hanya berdampak pada asam urat yang diderita.

Tapi hal ini bisa menyebabkan berbagai komplikasi lainnya seperti jantung, radang, stroke dan sebagainya. Jadi, sebaiknya harus benar-benar diperhatikan bila ingin mengkonsumsi buah yang digemari seluruh lapisan masyarakat ini. Agar gejala asam urat yang diidap tidak semakin parah.

Nah, memiliki penyakit asam urat memang sangat tidak menyenangkan, karena gejalanya kadang bahkan membuat kita kesulitan untuk bergerak. Maka dari itu, perhatikan dengan baik apa saja makanan pantangan asam urat yang tidak diperbolehkan dikonsumsi secara berlebih. Jalani pola hidup sehat dan pola makan yang tepat agar terhindar dari berbagai penyakit.