Gejala Tekanan Darah Tinggi

Inilah 6 Gejala Tekanan Darah Tinggi yang Tidak Boleh Diremehkan

Tinggi rendahnya tekanan darah dapat dijadikan sebagai salah satu pertanda kondisi kesehatan. Penyakit darah tinggi termasuk satu dari sekian banyak jenis penyakit yang umum menyerang manusia, apalagi untuk mereka yang sudah memasuki usia lanjut. Bahkan hipertensi ini tanpa diduga bisa menjadi penyebab terjadinya komplikasi yang jauh lebih membahayakan jika tidak segera diatasi. Seperti diantaranya adalah gangguan yang terjadi pada jantung, ginjal bahkan juga otak. Jadi sebisa mungkin ketika Anda sudah mulai merasakan gejala tekanan darah tinggi maka harus dilakukan upaya pengobatan untuk mengatasinya.

Tekanan darah manusia ini tinggi rendahnya dapat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Diantaranya ketika seseorang terbiasa dengan gaya hidup yang tidak sehat. Kurang menjaga pola makan dan juga tidak pernah melakukan aktivitas fisik atau olahraga misalnya, maka akan membuat peredaran darah juga berlangsung semakin sulit. Hal ini memaksa jantung untuk bekerja keras di dalam memompa darah, akibatnya tekanan darah semakin tinggi, bahkan mungkin resiko kerusakan jantung juga besar.

Jika seandainya tekanan darah Anda sudah berada di atas angka 120/80 milimeter merkui atau mmHg, hal ini menandakan bahwa Anda tengah terkena hipertensi. Berikut ini diantara gejala-gejalanya yang patut untuk diwaspadai, yaitu:

  1. Terdapat bercak merah pada mata, hal ini dikenal juga sebagai pendarahan subkonjungtiva, kondisi yang paling umum terjadi juga pada mereka yang terkena penyakit diabetes melitus, jika terus dibiarkan maka dampaknya akan semakin serius karena bisa terjadi kerusakan pada saraf optik mata karena tekanan darah yang tinggi tersebut.
  2. Wajah memerah, kondisi ini bukan disebabkan karena sedang kepanasan ataupun juga malu, melainkan terjadi karena pelebaran atau pembesaran yang terjadi pada pembuluh darah tersebut. Termasuk diantaranya karena tekanan darah memang sedang tinggi, sehingga membuat wajah penderitanya jadi memerah.
  3. Pusing, gejala lain yang sering kali dialami adalah pusing atau sakit kepala, apalagi jika seandainya pusing tersebut berlangsung secara mendadak disertai dengan wajah yang memerah. Maka ini bisa terjadi disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Jika kondisinya sudah parah maka akan membuat penderitanya juga bisa mengalami stroke secara mendadak, sebagian atau seluruh anggota tubuh tidak dapat digerakkan atau lumpuh.
  4. Sesak napas, jika seandainya tekanan darah terbilang tinggi, maka hal ini akan turut mempengaruhi pembuluh darah yang ada di jantung dan juga paru-paru. Membuat bagian dada terasa begitu sesak dan juga kesulitan di dalam bernapas. Kondisi semacam ini disebut juga sebagai hipertensi pulmonal, yaitu ketika bagian jantung kesulitan dalam memompa darah melewati paru-paru. Sehingga darah yang mengandung oksigen juga tidak dapat dialirkan dengan baik.
  5. Detak jantung menjadi tidak beraturan, ketika jantung berdebar terlalu cepat atau tidak beraturan, bahkan mungkin akan berhenti secara mendadak selama sepersekian detik, ini adalah kondisi yang tidak bisa disepelekan. Hal ini nantinya juga akan disertai dengan gejala lain seperti diantaranya adalah tenggorokan, kemudian juga leher sampai dengan tenggorokan menjadi agak tegang.
  6. Mimisan, keluarnya darah dari hidung juga bisa jadi salah satu pertanda bahwa Anda tengah terkena hipertensi, karena pembuluh darah pecah, apalagi jika kondisinya sudah cukup kronis, maka akan terjadi penipisan pada pembuluh darah.

Jika mulai merasakan gejala tekanan darah tinggi, segera lakukan pengobatan ke dokter, imbangi juga dengan perubahan gaya hidup untuk mencegahnya datang kembali.

Copyright Javier Mini Blog 2020
Shale theme by Siteturner