Jangan Sampai Menyesal, Kunjungi Destinasi Wisata Super Prioritas nan Eksotis di Indonesia Ini!

Jangan Sampai Menyesal, Kunjungi Destinasi Wisata Super Prioritas nan Eksotis di Indonesia Ini!

Negara tropis dengan ribuan pulau hanya dijumpai di Indonesia. Oleh karenanya, Indonesia dikenal dengan keindahan alam yang dimilikinya. Ada banyak destinasi wisata super prioritas yang wajib kamu kunjungi ketika traveling ke berbagai daerah di Indonesia.

4 Destinasi Wisata Super Prioritas

Coba sebutkan, dimana saja lokasi wisata khas Indonesia? Daripada bingung, untuk menikmati keindahan alam dan mengenal Indonesia dengan segala kekayaannya, berikut destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi:

  • Menyusuri Era Megalitikum

Apa yang kamu ketahui tentang zaman megalitikum? Pada masa sekolah, kamu pasti tidak asing lagi dengan pelajaran sejarah tentang zaman megalitikum. Di Indonesia, masih terdapat beberapa peninggalan yang bisa ditelusuri.

Zaman yang identik dengan batu-batu besar ini bisa kamu jumpai di beberapa desa, seperti:

  • Desa Kamal (Jember), di desa tersebut, terdapat batu besar yang artistik, seperti batu kenong (tonjolan batu seperti alat gamelan kenong), tugu batu, dan menhir
  • Bena Bajawa (Flores), selain dikenal sebagai wisata keindahan alam Labuan Bajo, Flores juga memiliki desa wisata megalitikum dengan batuan besar bernama Watu Lewa
  • Kampung Praiyawang (Sumba), kampung ini masih lekat dengan adat istiadatnya yang kental. Selain itu, kuburan orang tua (bangsawan) dari batu juga masih terlihat dengan jelas

Tak hanya itu, ada desa wisata megalitikum lainnya, seperti Kampung Siallagan (Samosir), Desa Patemon (Situbondo), dan Kampung Bawomataluo (Nias).

  • Wisata Edukasi dan Sejarah RI

Sejak sekolah dasar, sudah dikenalkan berbagai sejarah tentang kemerdekaan Indonesia. Untuk mengenang jasa pahlawan serta mengenal jejak-jejak kemerdekaan RI, kamu bisa menyusuri berbagai destinasi wisata edukasi dan sejarah kemerdekaan Indonesia.

Salah satu wisata sejarah yang dapat kamu kunjungi adalah Gedung Joang 45. Awalnya, gedung tersebut adalah sebuah hotel. Namun, saat detik-detik kemerdekaan tiba, gedung itu diambil alih pemuda Indonesia untuk pelatihan dan pendidikan.

Adapun, lokasi wisata sejarah lainnya, seperti Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende, Rumah Rengasdengklok, Tugu Proklamasi, Hotel Majapahit, Radio Rakyat Indonesia (RRI), dan masih banyak lagi.

  • Wisata Kopi ala Indonesia

Bagi kamu pecinta kopi, wajib untuk mengunjungi daerah-daerah ini. Selain dapat melihat kebun kopi, kamu juga dapat menyeduh aroma kopi yang khas di setiap daerahnya. Penasaran dimana saja?

  • Mesastila Magelang merupakan wisata di provinsi Jawa Tengah yang menyuguhkan 90% kopi robusta
  • Doesoen Kopi Sirap yang terletak di Semarang akan menyuguhkan berbagai pengalaman menyenangkan. Kopi yang dipanen disini didominasi oleh kopi arabika dan robusta
  • Kebun Kopi Malabar dikenal sebagai penghasil kopi arabika yang khas. Aroma kopi dengan rasa coklat dan rempah-rempah membuat kopi arabika Malabar banyak digemari pecinta kopi
  • Bali Pulina Kopi Luwak memang tergolong kopi yang khas karena proses pembentukan kopi tersebut. Bahkan pemasaran kopi ini tergolong tinggi dan mahal
  • Wisata Geopark

Indonesia memiliki destinasi wisata geopark yang ternyata sudah disahkan oleh UNESCO. Wisata geopark bukan hanya sekedar alam saja, melainkan juga terdiri edukasi, sejarah, dan budaya. Berikut destinasi wisata geopark dengan sejuta keindahannya:

  • Gunung Sewu

Bagi kamu yang masih asing dimana gunung Sewu, pasti penasaran bukan? Gunung ini bukan seperti halnya Gunung Merapi, Gunung Slamet, dan lain sebagainya. Justru, gunung ini merupakan deretan pegunungan yang membentang dari Gunungkidul, Wonogiri sampai Pacitan.

  • Batur

Keindahan di sekitar Kintamani memang tidak bisa diragukan lagi. Salah satunya adalah Batur yang membentuk sebuah kaldera ganda dan juga danau purba yang terbentuk secara alami akibat letusan gunung berapi.

  • Danau Toba

Selain identik dengan cerita rakyatnya, keindahan Danau Toba tidak terlepas dari keanekaragaman hayati dan budaya yang melekat di masyarakat sekitar.

  • Gunung Rinjani 

Gunung yang terletak di Lombok ini juga menyuguhkan berbagai keindahan alam yang menakjubkan. Bahkan, terdapat flora dan fauna endemik yang terdapat di Gunung Rinjani.

  • Ciletuh

Kawasan yang membentang dengan total luas 125.000 hektar ini menawarkan keanekaragaman alam yang eksotis. Terdapat berbagai destinasi wisata yang dapat kamu kunjungi, mulai dari pantai, Air Terjun Awang, Batu Purba, dan masih banyak lagi.

Sudah tidak sabar untuk traveling, bukan? Aktivitas di rumah saja selama hampir dua tahun ini pasti membuat kamu bosan dan jenuh. Kini, sudah banyak lokasi wisata yang dibuka.

Oleh karena itu, sebelum traveling ke destinasi wisata super prioritas di Indonesia, segera lakukan vaksinasi dan patuhi protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, sehingga kamu dapat berlibur dengan nyaman.