Kalkulator Kesuburan

Kalkulator Kesuburan

Wanita memiliki satu periode yang biasa dikenal dengan sebutan masa subur. Masa subur adalah masa hidup sel telur sejak dikeluarkan dari indung telur dan selama bertahan hidup di dalam rahim. Sel telur dikeluarkan dari indung telur pada 14 hari sebelum menstruasi yang akan datang. Sesudah dikeluarkan, sel telur masuk ke dalam rahim melalui saluran telur. Pada rahim, sel telur sanggup hidup selama 48 jam. Ketika sel telur dikeluarkan dan hidup di dalam rahim itulah yang disebut masa subur. Untuk mengetahui masa subur bisa menggunakan kalkulator kesuburan, apa itu kalkulator kesuburan? Kalkulator kesuburan merupakan alat untuk membantu kita mengetahui atau menghitung tanggal waktu subur dan ovulasi wanita. Dengan mengetahui masa subur, pasangan yang tengah merencanakan kehamilan dapat mengatur jadwal berhubungan untuk meningkatkan terjadinya kehamilan.

  1. Cara Menghitung Masa Subur

Bagi wanita yang memiliki siklus haid teratur, masa subur berlangsung kurang lebih 14 hari haid berikutnya. Ini berarti masa subur berlangsung pada hari ke 13 sampai hari ke 15 sebelum tanggal haid yang akan datang. Sementara wanita yang memiliki siklus haid tidak teratur maka hal pertama harus mencatat panjang siklus haid setidaknya selama 6 siklus. Dari jumlah hari pada siklus yang panjang, dikurangi dengan 11 akan diperoleh hari subur terakhir dalam siklus haid tersebut. Sementara dari jumlah hari pada siklus terpendek dikurangi 18, diperoleh hari subur pertama dalam siklus haid tersebut.

  1. Kalkulator Kesuburan

Jika kamu masih bingung dengan menghitung masa subur kapan akan terjadi, saat ini sudah ada kalkulator kesuburan. Ini bisa membantu menentukan masa subur di siklus menstruasi kamu, sesuai dengan informasi yang kamu masukkan. Kalkulator kesuburan adalah alat untuk memberikan perkiraan dan prediksi tanggal kapan waktu yang tepat untuk kamu dan pasangan berhubungan agar kehamilan terjadi. Kalkulator ini biasanya akurat untuk wanita yang memiliki siklus menstruasi atau haid teratur. Tidak hanya untuk meningkatkan peluang hamil, metode ini juga bisa menjadi salah satu metode kontrasepsi alami untuk mencegah kehamilan. Dengan menghindari hubungan seksual ketika periode masa subur. Kalkulator kesuburan ini sudah banyak secara online, banyak situs-situs yang menyediakan kalkulator kesuburan yang memudahkanmu dalam mengetahui kapan masa subur akan terjadi.

  1. Kalkulator Kesuburan Haid Tidak Teratur

Jika kamu memiliki siklus haid tidak teratur, tidak perlu khawatir tidak bisa menggunakan kalkulator kesuburan. Ternyata kalkulator kesuburan haid tidak teratur sama saja dengan wanita yang memiliki siklus haid normal, caranya dengan membuat catatan menstruasi terlebih dulu. Ini karena memiliki perbedaan masa subur, setiap wanita dikatakan normal jika siklus haid antara 21-35 hari. Contohnya, bulan Januari siklus haid kamu adalah 25 hari, Februari 28 hari, Maret 30 hari, dan seterusnya hingga 6 bulan. Perhatikan jumlah siklus terpanjang dan siklus terpendek. Jika siklus terpanjang adalah 35 hari, kurangi 35 dengan 11, hasilnya 24. Jika siklus terpendek adalah 25 hari, kurangi dengan 18, hasilnya 7. Maka perkiraan masa subur kamu yaitu hari ke-7 hingga hari ke-24 setelah haid pertama setiap bulannya.

  1. Ciri-ciri Wanita Masa Subur

Biasanya gairah seks lebih tinggi dibandingkan hari-hari biasa, keluarnya carian bening dengan adanya bercak kecoklatan, nyeri pada bagian payudara namun waktunya tidak lama, perut bagian bawah terasa sakit, sakit kepala, dan mual.

Copyright Javier Mini Blog 2021
Shale theme by Siteturner