Kelebihan dan Kekurangan BPJS kesehatan

Kelebihan dan Kekurangan BPJS kesehatan

Jika membahas menangani jaminan kesehatan yang ada di Indonesia, memang saat ini tidak selalu identik dengan adanya BPJS kesehatan yang saat ini sedang marak diperbincangkan, terutama banyak masyarakat yang memang masih banyak membutuhkan BPJS kesehatan. BPJS kesehatan merupakan salah satu program yang mana menjamin kesehatan masyarakat, yang diberikan oleh pemerintah.

Program jaminan kesehatan yang satu ini, juga dinilai memang memiliki nilai yang dapat memberikan alternative atau bahkan solusi lain untuk masyarakat yang belum memiliki asuransi untuk kesehatan. BPJS kesehatan sendiri sudah hadir sejak 1 Januari 2014 silam dan hingga saat ini, masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Walaupun sistem dan juga mekanisme yang dimiliki BPJS masih terasa sulit, pemerintah tetap berusaha memberikan terbaik untuk masyarakat.

Kelebihan BPJS kesehatan

  1. Harga yang murah

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh BPJS kesehatan adalah biaya iuran yang dimilikinya sangatlah murah. Namun walaupun memiliki iuran yang murah, namun fasilitas yang diberikan juga tidak murah. Anda juga hanya diharuskan membayar premi, sesuai dengan kelas yang anda inginkan yaitu kelas 1 sebesar Rp59 ribu, kelas 2 sebesar Rp49.500, dan kelas 3 sebesar Rp25.000.

Dengan biaya tersebut, anda juga sudah bisa mendapatkan perawatan, pemeriksaan rawat inap, pembedahan, obat dan masih banyak lagi. Bahkan persalinan dan biaya untuk melakukan cuci darah bisa anda dapatkan.

  1. Wajib

BPJS kesehatan, merupakan salah satu layanan yang diselenggarakan oleh pemerintah dan bersifat wajib. Dalam hal ini sudah di tetapkan dalam undang-undang dan juga peraturan pemerintahan yang ada.

  1. Dilakukan tanpa medical check up

Jika anda mendaftar asuransi kesehatan di luar BPJS, maka nantinya anda akan dikenai medical chek up terlebih dahulu. Hal ini tidak akan ada jika menggunakan BPJS kesehatan. Pasalnya anda bebas untuk menggunakan layanan yang ada, di umur berapapun.

Kekurangan BPJS kesehatan

  1. Metode yang berjenjang

Salah satu kekurangan pertama yang dimiliki oleh BPJS kesehatan, adalah metode yang dimiliki sangat berjenjang saat melakukan klaim. Bahkan saat seorang pasien ingin melakukan pemeriksaan, harus melalui tahap faskes 1 terlebih dahulu seperti puskesmas atau bahkan klinik. Lalu dapat melakukan tahapan selanjutnya, untuk dapat lanjut ke rumah sakit.

Hal ini tentunya berbeda jika anda langsung mendaftarkan diri menggunakan asuransi kesehatan lainnya, yang mana dapat langsung pergi atau melakukan pengobatan di rumah sakit.

  1. Hanya Indonesia

Kekurangan lainnya yang mana dimiliki oleh BPJS kesehatan, adalah hanya dapat melindungi seluruh warganya di ranah Indonesia saja. Hal ini tentunya berbeda dengan menggunakan asuransi swasta lainnya yang mana, dapat melindungi masyarakat di rumah sakit manapun bahkan di seluruh dunia. Hal ini tentunya akan sangat aman, jika anda sedang bepergian dan membutuhkan penanganan medis.

  1. Mengantre yang panjang

Kelemahan yang memang banyak dirasakan oleh para pengguna BPJS kesehatan adalah, dengan antrian yang panjang untuk bisa dilakukannya pengobatan. Dalam hal ini untuk anda yang ingin melakukan pendaftaran, atau bahkan melakukan pengubahan data sekalipun diharuskan untuk mengantre dengan sabar. Hal ini pasti akan dihadapi oleh banyak masyarakat, melihat bahwa pengguna dari BPJS sendiri, sangat banyak di seluruh Indonesia.

Itulah beberapa kelebihan dan juga kekurangan, yang dimiliki oleh BPJS kesehatan. Dalam hal ini, dapat anda jadikan sebagai referensi untuk menggunakan asuransi kesehatan yang satu ini. Anda dapat dengan mudah menikmati layanan yang ada, sementara beberapa kekurangan memang masih harus di perbaiki oleh pemerintah guna untuk memberikan pelayanan yang membuat masyarakat nyaman.

Copyright Javier Mini Blog 2019
Shale theme by Siteturner