Ketahui 3 Jenis Vitamin K Beserta Masing-Masing Manfaatnya

Ketahui 3 Jenis Vitamin K Beserta Masing-Masing Manfaatnya

Jika berbicara tentang vitamin K, mungkin tak sedikit masyarakat yang belum mengetahui apa jenis dan manfaatnya bagi tubuh. Padahal, nutrisi ini juga merupakan salah satu zat gizi penting yang bermanfaat bagi tubuh. Namun tahukah Anda jika zat gizi satu ini terbagi menjadi beberapa jenis?

Setiap jenis vitamin K memiliki peran tersendiri bagi tubuh, dan tentunya seluruh manfaatnya baik bagi kesehatan. Agar tak bingung, mari simak penjelasan di bawah ini!

  1. K1 (Phylloquinone)

Phylloquinone atau lebih dikenal dengan vitamin K1, merupakan nutrisi yang bisa didapatkan dari makanan sehari-hari. Bahkan dari seluruh asupan vitamin K yang dikonsumsi oleh tubuh, 75 hingga 90% berasal dari zat ini.

K1 diperlukan tubuh untuk menjalankan proses pembekuan darah, pembentukan tulang, serta metabolisme pembuluh darah. Beberapa jenis sayuran mengandung K1 yang dapat dikonsumsi mulai dari brokoli, bayam, kale, serta daun lobak.

  1. K2 (Menaquinone)

Beralih ke K2, yang memiliki struktur kimia berbeda dari sebelumnya. Bahkan menaquinone masih terbagi menjadi beberapa tipe, yang dilihat berdasarkan panjang rantai sisinya. Zat satu ini berperan penting dalam menjaga kepadatan tulang, menurunkan risiko kanker, menjaga kesehatan jantung serta pembuluh darah, dan mengurangi gejala gangguan kecemasan.

Anda bisa menemukan zat gizi bermanfaat ini di makanan fermentasi maupun produk hewani. Contohnya mentega, kuning telur, keju lunak, keju keras, serta ayam bagian paha dan kaki.

  1. K3 (Menadione)

Menadione atau K3, merupakan vitamin sintetis yang tidak dapat ditemukan pada bahan makanan alami. Sebelum dapat dimanfaatkan, zat gizi ini nantinya akan diubah menjadi K2 dengan bantuan organ hati.

Meskipun penelitian terdahulu menunjukkan jika jenis zat ini berbahaya bagi kesehatan, namun rupanya menadione memiliki sifat antikanker yang dapat mematikan sel kanker payudara, usus besar dan rektum, serta ginjal yakni dengan cara mengaktifkan protein khusus.

Bagaimana Memenuhi Kebutuhan Vitamin K Harian?

Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG), asupan vitamin K harian yang direkomendasikan hanya didasarkan pada zat K1 yakni sebanyak 55 mikrogram per harinya untuk wanita dewasa serta 65 mikrogram per harinya untuk pria dewasa.

Anda dapat memenuhi asupan vitamin ini dengan mengonsumsi satu porsi telur dadar serta bayam ketika makan siang, atau mengonsumsi setengah porsi sayur brokoli ketika makan malam. Selain itu, Anda juga dapat melengkapinya dengan mengonsumsi kuning telur untuk mempercepat penyerapan.

Buah-buahan Kaya Vitamin K

Selain dari makanan yang telah disebutkan di atas, Anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan seperti alpukat, kiwi, blueberry, blackberry, plum, tomat, anggur, hingga delima. Anda dapat mengolah buah-buahan kaya vitamin K tersebut menjadi es buah ataupun jus agar lebih menarik.

Itulah jenis vitamin K beserta masing-masing manfaatnya. Karena fungsinya yang penting bagi tubuh itulah, tak lupa untuk memenuhi asupan zat gizi satu ini dari sayuran, sumber hewani, ataupun buah-buahan segar. Anda juga dapat mengkombinasikan menu agar lebih menarik dan seimbang.