Laporan Keuangan, Untuk apa saja?

Laporan Keuangan, Untuk apa saja?

Laporan keuangan penting dibuat untuk memenuhi kebutuhan pihak-pihak yang berkaitan dengan perusahaan. Laporan keuangan dibutuhkan oleh pemilik perusahaan, pihak manajemen perusahaan, dan karyawan. Namun selain itu, ada pihak eksternal yang juga membutuhkan laporan keuangan.

Pengguna Laporan Keuangan Pihak Eksternal

  1. Investor

Investor dan calon investor tentu khawatir dengan profit yang dihasilkan oleh perusahaan mereka menanam saham. Laba yang akan datang dapat diperkirakan dari kinerja neraca perusahaan, terutama profitabilitas. Informasi keuangan juga diperlukan untuk membantu investor memutuskan apa yang akan dilakukan dengan suatu investasi apakah harus ditahan, jual, atau beli.

  1. Analisis Investasi

Laporan keuangan perusahaan akan dipantau. Seorang analisis keuangan memutuskan apakah akan merekomendasikan saham perusahaan kepada klien berdasarkan analisis laporan keuangan tahunannya.

  1. Pemberi Pinjaman atau Kreditur

Pemberi pinjaman seperti bank, lembaga keuangan, dll ingin melihat kemampuan perusahaan untuk memastikan apakah perusahaan memiliki pendapatan atau profit yang dianggap dapat membayar kembali pinjaman yang diberikan. Ini dapat dilihat dari laporan keuangan perusahaan selama beberapa bulan atau tahun terakhir sesuai kebijakan.

  1. Lembaga Pemeringkat

Sebuah lembaga akan memberikan peringkat kredit untuk utang perusahaan dari laporan keuangan perusahaan. Investor bisa mengambil keputusan berdasarkan informasi posisi keuangan perusahaan sesuai dengan peringkat khusus dari otoritas pemeringkat.

  1. Kompetitor

Kompetitor juga terkadang akan mengecek laporan keuangan pesaingnya dan biasanya ini berlaku untuk yang sudah IPO karena laporan keuangan tentu dapat diakses secara umum.

  1. Otoritas Pajak dan Pemerintah

Otoritas pajak dan pemerintah juga membutuhkan laporan keuangan perusahaan untuk kepentingan pembayaran dan pelaporan pajak.

Aplikasi Penyusunan Laporan Keuangan

Menyusun laporan keuangan tidaklah mudah. kesalahan penulisan angka akan membuat laporan keuangan dilakukan pengecekan ulang sehingga di dalam perusahaan biasanya juga memiliki auditor untuk mengaudit laporan keuangan yang telah dibuat.

Ada sebuah aplikasi pencatatan pembukuan UMKM yang dapat membantu dalam menyusun laporan keuangan yaitu Moodah yang dapat diunduh secara gratis dan diakses secara realtime. Moodah membantu menyusun laporan keuangan perusahaan Anda dengan lebih rapi dan cepat.