Mengenal Beragam Industri Kreatif di Indonesia

Mengenal Beragam Industri Kreatif di Indonesia

Pernahkah kamu mendengar soal industri kreatif? Usaha ini bermula dari menciptakan suatu karya atau produk yang dapat menghasilkan, dengan mengedepankan keterampilan dan kreativitas seseorang. Saat ini industri kreatif Indonesia merupakan salah satu penopang ekonomi nasional.

Beberapa Industri Kreatif Indonesia yang Populer di Tahun 2020

Saat ini di Indonesia sudah banyak masyarakatnya yang mengembangkan industri kreatif. Apalagi Indonesia merupakan negara dengan kekayaan dan keberagaman budayanya.

Hal tersebut yang membuat banyak pengusaha berlomba-lomba untuk memperkenalkan ciri khas budaya mereka masing-masing. Bagi kamu para kaum milenial bisa mencoba untuk menciptakan usaha seperti ini, lho.

Beberapa contoh industri kreatif yang berkembang di Indonesia antara lain:

1. Industri Kuliner

Di Indonesia memiliki berbagai macam makanan khas daerah yang memiliki cita rasa yang amat beragam. Cita rasa yang beragam itulah membuat setiap makanan khas Indonesia menjadi unik, sehingga mampu membuat rasa penasaran bagi para wisatawan.

Bagi kamu yang merupakan penikmat wisata kuliner, bisa mencoba membuka usaha seperti ini, lho. Industri kuliner di Indonesia cukup menjanjikan, apalagi jika kamu mampu berinovasi membuatnya jadi lebih menarik. Dijamin usahamu akan laris manis, deh.

2. Arsitektur

Arsitektur adalah sebuah industri yang membuat desain atau rancangan suatu bangunan. Memang kebanyakan industri bidang ini harus dikerjakan oleh orang yang profesional pada bidangnya, tapi saat ini sudah banyak para anak muda yang memanfaatkan kreativitasnya pada bidang ini.

Jika kamu memang tertarik dan memiliki kreativitas yang tinggi dalam desain interior, kenapa tidak coba saja untuk membuka usaha makeover ruangan. Jarang lho, orang yang pandai untuk menata ruangannya, jadi kamu bisa memanfaatkan kondisi ini.

3. Industri musik

Industri musik untuk saat ini sangat diminati oleh kalangan muda, sehingga membuat industri musik semakin berkembang. Di Indonesia sendiri mempunyai ciri khas pada musiknya, seperti contohnya industri musik dangdut yang tidak ada matinya hingga saat ini.

Ada lagi yang sedang ramai sekarang yaitu musik koplo. Musik ini berasal dari inovasi para pemusik yang mengaransemen lagu lawas menjadi koplo dan asik untuk didengar. Bagi kamu yang memang hobi untuk mengaransemen lagu, tidak ada salahnya untuk mengembangkan bakatmu di dunia musik Indonesia.

4. Industri kerajinan 

Industri ini paling banyak digeluti oleh masyarakat Indonesia, karena kegiatan kerajinan sudah menjadi bagian kehidupan dan budaya masyarakat. Biasanya para pengrajin mendapatkan bahan bakunya dari lingkungan sekitarnya seperti, barang bekas, tanah liat, kayu, dan lainnya.

5. Industri Fashion

Industri fashion di Indonesia telah berkembang pesat di Indonesia, terutama di Bandung dan Yogyakarta. Apalagi di sana sangat terkenal dengan produk kain batik yang beraneka ragam.

Banyak dari para masyarakat yang menginovasikan kain batik yang disesuaikan dengan trend yang sedang booming di kalangan kaum milenial. Jadi, selain mencintai produk sendiri, tapi kamu juga tetap bisa tampil gaya dong.

6. Industri Video

Saat ini perkembangan industri video sedang naik, karena adanya aplikasi YouTube. Hampir semua kalangan anak muda pasti tidak asing dengan aplikasi tersebut. Bahkan aplikasi YouTube hampir menggeser dunia pertelevisian di Indonesia.

Para konten kreator saling berlomba-lomba untuk mendapatkan subscribers dan penonton yang banyak agar mendapat penghasilan yang besar. Jika kamu salah satu orang yang senang untuk membuat konten menarik, kenapa tidak coba saja untuk menjadi seorang youtuber.

Manfaat Perkembangan Industri Kreatif Indonesia

Pengembangan dari Industri kreatif selain mudah untuk dilakukan, tentunya memberikan manfaat yang besar loh. Yuk, intip manfaat yang akan jika kamu menjadi salah satu industri kreatif di Indonesia.

1. Mengurangi Tingkat Pengangguran di Indonesia

Jika kamu mendirikan sebuah usaha pastinya memerlukan penambahan tenaga kerja, apalagi jika usahamu sudah termasuk sukses dan cukup besar. Mencari tenaga kerja dalam menjalankan industri kreatif tidak membutuhkan pendidikan yang tinggi.

Sehingga masyarakat yang berpendidikan rendah juga bisa kamu ajak untuk bekerja. Selain membantu untuk meningkatkan taraf perekonomiannya, kamu juga sudah membantu pemerintah untuk mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia, lho.

2. Meningkatkan Kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM)

Munculnya berbagai industri kreatif, menuntut seseorang menjadi pribadi yang kreatif dan inovatif. Sehingga, lambat laun akan mengasah juga keterampilan seseorang untuk menjadikannya SDM yang berkualitas.

Perkembangan industri kreatif di Indonesia memiliki banyak potensi, terbukti dari banyaknya macam-macam usaha yang mulai dikembangkan oleh anak-anak muda. Sehingga dapat bermanfaat juga untuk menopang perekonomian Indonesia.