Mengenal Colocation Server: Solusi Tepat Manajemen Data Perusahaan

Mengenal Colocation Server: Solusi Tepat Manajemen Data Perusahaan

Hosting dan domain menjadi dua hal yang begitu dikenal dalam infrastruktur IT di mana keduanya berhubungan satu sama lain. Namun, pernahkah Anda mendengar tentang colocation server?

Bisa jadi, belum terlalu banyak yang tahu tentang colocation server, sekalipun mereka adalah orang-orang yang berkecimpung dalam dunia IT. Padahal, bisa dikatakan colocation server adalah pembaruan sistem IT yang cukup signifikan dengan beragam ide baru yang menarik.

Nah, lantas apa yang dimaksud dengan colocation server tersebut? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Apa Itu Colocation Server?

Secara singkat, colocation server bisa diartikan sebagai sebuah layanan untuk menyimpan server di sebuah data center orang lain atau pada penyedia layanan. Dengan hal ini, maka Anda –atau sebagai penyimpan data, tidak perlu membangun sistem IT dan menunjuk tim IT untuk melakukan pengurusan.

Umumnya, Anda hanya cukup menyediakan server lalu menyerahkan pelayanan tersebut pada penyedia. Nantinya, penyedia layanan colocation server akan menyediakan beragam hal yang diperlukan, seperti keamanan fisik, pendingin, sumber daya, bandwidth dan lainnya.

Kapan Harus Menggunakan Colocation Server?

Hal yang cukup sering ditanyakan perihal colocation server adalah kapan harus menggunakan layanan ini. Ada beberapa pertimbangan yang cukup krusial dan bisa menjadi alasan kenapa Anda membutuhkan layanan ini.

Beberapa alasan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Traffic website yang meningkat

Jika Anda merasa bahwa pengunjung website perusahaan atau website bisnis Anda semakin meningkat dan layanan yang digunakan saat ini tidak cukup baik untuk mengatur, maka colocation server adalah solusi yang tepat. Pemilihan colocation server tentu bisa menjadi upgrade sistem yang akan memberikan detail sistem yang lebih baik.

  • Menghemat beragam biaya

Memiliki server sendiri bagi sebuah perusahaan adalah hal yang cukup penting demi kelancaran sistem IT mereka. Namun, jika Anda ingin memiliki server sendiri tersebut tetapi terhalang oleh biaya yang cenderung besar, maka colocation server adalah opsi yang sangat tepat.

Sebagaimana disinggung di awal, dengan menggunakan colocation server, Anda tidak perlu membangun tim IT. Juga, Anda tidak perlu membuat sebuah ruangan data guna menyuplai arus data dan power serta hal lainnya. Tentu saja, opsi ini bisa menghemat pengeluaran Anda.

  • Halaman muat yang cenderung lambat

Bisa dikatakan jika waktu muat halaman akan berhubungan dan berdampak secara signifikan pada semua aspek di dalam website Anda. Jika waktu muat lamat, maka rasio bounce rate akan menjadi tinggi dan pengunjung tidak akan betah.

Oleh karenanya, diperlukan sistem untuk memangkas waktu muat halaman tersebut. Dalam hal ini, colocation server bisa menjadi solusi karena Anda akan mendapatkan 1 server utuh.

Beberapa hal di atas bisa menjadi pertimbangan kenapa colocation server menjadi penting terutama untuk pengembangan sistem bisnis. Nah, jika Anda tertarik dengan layanan ini dan ingin menggunakannya, Anda bisa mengklik laman www.neucentrix.co.id untuk mendapatkan beragam tawaran menariknya.

Copyright Javier Mini Blog 2020
Shale theme by Siteturner