Mengenal Tugas dan Fungsi Biro ADAK Perguruan Tinggi

ADAK adalah administrasi akademik dan kemahasiswaan. Bagian ini ditangani oleh kepala biro yang dibantu beberapa kepala bagian. Tugasnya berhubungan dengan admisi dan registrasi mahasiswa serta pengolahan nilai mahasiswa. Biro ini bertanggung jawab langsung kepada rektor universitas. Dan merupakan bagian yang paling sibuk dibanding bagian lain.

Biro ini terdapat di semua instansi pendidikan baik perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta. Menjadi ujung tombak kelancaran dan keberhasilan universitas mulai dari penerimaan mahasiswa baru sampai dengan pengelolaan dan pengembangan alumni. Semua dilakukan sebagai tanggung jawabnya terhadap proses pendidikan calon mahasiswa, mahasiswa dan kesejahteraan alumni.

Tugas Biro ADAK selama Proses Penerimaan Mahasiswa Baru

Calon mahasiswa akan berhubungan dengan biro ini selama proses seleksi penerimaan mahasiswa. Informasi mengenai formulir pendaftaran, cara pengisian, jadwal ujian seleksi, dan hasil ujian semuanya menjadi tanggung jawab bagian ini. Jadi bagian ini akan sangat sibuk ketika pergantian tahun akademik. Karena harus mempersiapkan kegiatan penerimaan mahasiswa baru bahkan jauh sebelum pendaftaran dibuka.

Mulai dari menyebar luaskan informasi penerimaan mahasiswa baru, melayani  tanya jawab, menyiapkan sarana dan prasarana seperti ruang kelas untuk ujian, formulir pendaftaran, soal ujian dan sebagainya. Memantau jalannya proses seleksi dan ujian calon mahasiswa baru sampai dengan selesai. Biro ini  juga akan merekam data administratif calon mahasiswa yang mendaftar di universitas bersangkutan.

Data ini nantinya bisa diakses kembali oleh calon mahasiswa ketika sudah lolos seleksi karena sudah tersimpan secara otomatis. Jadi sistemnya sudah online dan terpusat. Setelah itu biro ini akan menyiapkan proses daftar ulang mahasiswa baru. Mulai dari validasi data, proses pembayaran melalui transfer, administrasi bukti pembayaran sampai dengan proses cetak KRS.

Pada proses ini mahasiswa sudah sah dan berhak mengikuti masa perkuliahan. Sebelumnya tentu ada sambutan dari pihak kampus yang dikenal dengan ospek. Berisi tentang pengenalan kampus universitas dan fakultas. Kegiatan ini untuk mempersiapkan mahasiswa agar lebih percaya diri dan mencintai kampus tempatnya belajar.

Tanggung Jawab Biro ADAK dalam Hal Kemahasiswaan

Dalam hal kemahasiswaan, biro ini bertanggung jawab merencanakan dan menkoordinasi kegiatan kemahasiswaan termasuk di dalamnya adalah UKM. Semua kegiatan UKM mulai dari perencanaan kegiatan, persetujuan ijin dan rekomendasi untuk pelaksanan adalah tanggung jawab biro yang diwakili oleh sub bagian kemahasiswaan. Yang kemudian akan dilaporkan kepada rektor melalui pembantu rektor I.

Sub bagian ini akan mendata mahasiswa berprestasi yang terjaring melalui kegiatan UKM. Menyimpan data mahasiswa untuk kemudian direkomendasikan kepada instansi penyedia lapangan kerja yang menerima pegawai melalui penjaringan minat dan bakat. Atau untuk keperluan beasiswa. Sub bagian ini juga bertanggung jawab atas kesejahteraan mahasiswa.

Termasuk dalam penyediaan informasi mengenai ketenaga kerjaan. Informasi seputar penerimaan pegawai, syarat, waktu seleksi, kualifikasi yang dibutuhkan semuanya akan diberikan kepada mahasiswa. Tujuannya untuk mempermudah mahasiswa memperoleh pekerjaan dan menjadi evaluasi terhadap kompetensi dan kualitas lulusan. Nantinya akan menjadi masukan bagi proses belajar mengajar universitas supaya menghasilkan lulusan yang bisa diterima di instansi bergengsi.

Alumni universitas juga menjadi perhatian sub bagian kemahasiswaan ini. Data alumni akan disimpan dan diupdate secara berkala dalam data base. Bagian ini akan mengkoordinasi kegiatan reuni alumni misalnya alumni IKATANI di fakultas pertanian yang diadakan setiap acara Dies Natalis kampus. Kegiatan ini bertujuan menjalin silaturahim dan memperluas jaringan. Sampai sejauh ini tanggung jawab biro ADAK yang patut kita apresiasi.

Copyright Javier Mini Blog 2020
Shale theme by Siteturner