Makanan Penyebab Asam Urat

Meski Sulit Ditolak, Hindari Makanan Penyebab Asam Urat Ini

Penyakit bisa berasal dari mana saja. Mulai dari pola hidup yang kurang sehat, lingkungan yang kurang bersih dan yang paling sering mempengaruhi yaitu makanan yang dikonsumsi. Penyakit asam urat merupakan salah satu penyakit yang penyebab utamanya adalah makanan. Jika ingin terbebas dari penyakit ini, maka hindarilah beberapa makanan penyebab asam urat ini.

  1. Daging

Daging merupakan jenis makanan lezat yang pasti digemari setiap orang. Hasil olahannya juga menggugah selera dan bisa dinikmati dalam berbagai menu. Nafsu makan pasti langsung meningkat jika mencium aroma olahan daging. Hmm…yummy!

Akan tetapi, semua itu harus dihindari oleh penderita asam urat karena daging mengandung purin yang dapat meningkatkan tekanan darah dan kadar asam urat dalam darah. Jika tidak dihindari, tentu Anda akan merasakan nyeri berkepenjangan dan susah beraktivitas.

  1. Seafood

Seafood sudah dikenal sebagai musuh para penderita asam urat. Makanan laut mengandung kolesterol tinggi yang dapat mengganggu peredaran darah, sehingga asam sulit larut dalam darah. Hal ini akan memicu penumpukan asam dalam darah yang menyebabkan nyeri ataupun peradangan jika sudah parah.

  1. Jeroan

Tak setiap orang suka jeroan. Meski demikian, tidak sedikit pula orang yang gemar mengonsumsinya. Jeroan atau makanan olahan dari organ dalam hewan ini memang punya cita rasa lezat yang menggugah selera jika dimasak dengan bumbu spesial. Hati, ampela, otak, limpa, usus, dan sebagainya merupakan contoh bagian jeroan yang diolah.

Meski lezat, semua makanan tersebut mengandung purin tinggi yang jika berlebihan bisa mengakibatkan kenaikan kadar asam dalam darah. Oleh karena itu, penderita asam urat harus menghindari jeroan sebagai salah satu makanan penyebab asam urat.

  1. Makanan Olahan dari Daging

Banyak makanan olahan dari daging yang harus dihindari oleh penderita asam urat. Hal ini sangat dianjurkan karena makanan olahan dari daging juga tetap mengandung purin. Kelebihan kadar purin akan meningkatkan kadar asam urat sebagai turunan dari zat purin. Olahan daging kemasan tersebut meliputi sarden, abon, kornet, dendeng, dan lain sebagainya.

  1. Gorengan dan Sayur Berlemak

Gorengan juga sangat lezat dan banyak digemari. Setiap orang pasti menyukainya. Kandungan minyaknya yang mampu meningkatkan kolesterol juga bisa menghambat larutnya asam dalam darah. Sayur berlemak juga harus dihindari agar tidak terjadi penumpukan kadar asam akibat adanya lemak yang mengambat proses pelarutan.

  1. Kacang-Kacangan

Kacang merupakan sumber protein nabati yang juga mengandung purin. Untuk itu, para penderita asam urat harus menghindarinya. Jangan mengonsumsi kacang-kacangan demi menjaga kesehatan tubuh. Tunggu sampai kadar asam urat normal kembali. Kacang-kacangan tersebut meliputi kacang hijau, kacang tanah, tauge, serta melinjo dan hasil olahannya.

Ternyata, tidak sedikit makanan penyebab asam urat yang harus dihindari oleh penderita asam urat. Mulai sekarang, hindari untuk mengonsumsi makanan tersebut sampai kadar asam urat Anda kembali normal. Meskipun sudah normal, usahakan jangan berlebihan dalam mengonsumsi makanan tersebut demi kesehatan. Lakukan check up berkala ke dokter.

Copyright Javier Mini Blog 2019
Shale theme by Siteturner