Cara Mengatasi Keringat Berlebih

Minder dengan Keringat yang Terlalu Berlebihan? Ini Nih Cara Mengatasi Keringat Berlebih

Berkeringat merupakan salah satu kondisi alami yang pasti dialami setiap orang buat penyesuaian suhu badannya dengan kondisi lingkungan di sekitarnya. Kalau keluarnya masih pada kondisi yang normal seperti melakukan aktivitas yang butuh banyak tenaga, demam, atau pun karena makan makanan yang pedas, ada juga yang berkeringat terlalu berlebihan sehingga perlu menggunakan cara mengatasi keringat berlebih yang benar.

Keringat yang terlalu berlebih ada 2 jenis, yaitu hyperhidrosis focal primer dan secondary general hyperhidrosis.

Hyperhidrosis focal primer merupakan jenis keringat berlebihan yang hanya muncul di bagian badan tertentu saja. Bagian badan tersebut yaitu di telapak kaki atau tangan, lipatan paha, ketiak, mau pun wajah. Penyebab karena memang ada gangguan pada fungsi sistem saraf, bukan karena ada penyakit tertentu yang memicunya.

Sedangkan secondary general hyperhidrosis merupakan kondisi keringat berlebihan yang memang disebabkan karena penyakit tertentu, seperti tiroid, TBC, gagal jantung, kanker, parkinson, dan sebagainya. Selain dari penyakit-penyakitnya, obat yang dikonsumsi pasien juga bisa menyebabkan keringat berlebihan.

Gimana Mengatasi Keringat yang Terlalu Berlebihan?

Memiliki keringat berlebihan memang membuat siapa pun pasti nggak akan merasa nyaman. Makannya, kamu harus tahu dulu nih gimana cara mengatasi keringat berlebih.

  1. Membatasi konsumsi makanan pedas dan kafein

Kandungan kafein pada minuman tertentu seperti kopi atau cola bisa membuat badan kamu lebih gampang mengeluarkan banyak keringat. Begitu juga saat kamu sedang mengkonsumsi makanan yang pedas-pedas karena cabai, sehingga keringat yang dikeluarkan pun semakin bertambah banyak.

Coba kamu batasi makanan pedas dan minuman kafein apa yang membuat keringat kamu lebih gampang keluar. Nggak ada salahnya sih kalau kamu membuat catatan sendiri tentang makanan dan minuman apa yang memicu keringatmu.

  1. Mandi teratur

Mengatasi keringat berlebih juga bisa dilakukan dengan cara mandi secara teratur. Coba kamu mandi 2 kali sehari, terutama kamu yang sudah punya banyak kegiatan pada hari itu. Kalau kamu memang tidak punya banyak aktivitas dan bau badannya tidak mengganggu, kamu bisa juga mandi sehari sekali asalkan kamu lakukan dengan rutin.

Nggak hanya mandi secara teratur saja, pastikan kamu memakai sabun yang punya sifat anti bakteri. Sabun tersebut memang ampuh mengurangi bakteri pada kulit yang gampang menumpuk.

  1. Keringkan badan dengan benar

Setelah mandi, nggak semua orang cuek-cuek saja dengan kondisi badannya masih basah tapi langsung menggunakan pakaian. Padahal kebiasaan itu bisa memicu keringat berlebihan gampang keluar. Makannya, mengeringkan badan dengan benar merupakan cara mengatasi keringat berlebih yang tepat.

Tapi, nggak ada salahnya juga sih kalau kamu mengeringkan badan dengan handuk yang sedikit basah dan dingin agar bisa mengurangi kelenjar keringat mengeluarkan keringat.

  1. Gunakan pakaian yang tepat

Kalau kamu sering berolahraga, sebaiknya kamu gunakan pakaian yang tepat agar keringat yang dikeluarkan tidak terlalu berlebihan. Pakai pakaian yang punya sifat yang cepat menyerap keringat, adem, dan intinya punya sirkulasi udara yang baik, seperti bahan katun.

Kalau memang baju kamu sudah terlanjur basah berlebihan, selalu bawa baju ekstra agar penampilan kamu tidak menjadi terganggu akibat keringat yang berlebihan. Kamu bisa kok memakai pakaian berwarna hitam agar keringatnya tidak terlihat oleh orang lain.

Gimana? Gampang kan cara mengatasi keringat berlebih di atas? Punya keringat berlebih nggak akan buat kamu merasa nyaman, apalagi kalau kamu sering bertemu dengan banyak orang. Kalau masih saja tetap berlebihan keluarnya, coba kamu konsultasi dengan dokter khusus agar bisa diatasi lebih lanjut.

Copyright Javier Mini Blog 2019
Shale theme by Siteturner