Pentingnya Website Pendidikan Bagi Sekolah

Pentingnya Website Pendidikan Bagi Sekolah

Bisa dikatakan bahwa teknologi digital kini semakin lama semakin meningkat. Sejalan dengan perkembangan internet, arus informasi kini semakin cepat didapatkan dan internet menjadi solusi hampir dari semua kebutuhan informasi. Oleh karena itu, website pendidikan kini banyak hadir menjadi wakil dari sekolah secara digital.

Hadirnya website bagi sekolah ini adalah salah satu bentuk kemajuan yang sangat baik. Ya, tidak serta-merta hanya untuk eksistensi dari sekolah dan bukti mereka mengikuti perkembangan zaman, detail website pendidikan memiliki fungsi yang bisa dikatakan cukup signifikan.

Fungsi inilah yang secara tidak langsung mendorong tiap sekolah untuk memiliki website. Adapun beberapa fungsi dari sebuah website pendidikan bagi sekolah adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan kredibilitas sekolah

Setiap sekolah selalu ingin tampil dengan kredibilitas yang tinggi. Kredibilitas ini nantinya akan berpengaruh pada tingkat kepercayaan masyarakat terkait mutu pendidikan yang diusung. Nah, website bisa menjadi salah satu alat untuk membangun dan meningkatkan kepercayaan dari masyarakat tersebut.

Website akan menjadi platform untuk menyajikan informasi. Untuk website sekolah, maka website tersebut akan menjadi lembaran sekolah yang berisi beragam program dan pencapaian dari sekolah. Masyarakat bisa mengakses website tersebut dengan mudah sehingga penilaian kepada sekolah bisa diberikan.

  • Media informasi sekolah

Fungsi mendasar dari website sekolah adalah sebagai media informasi, terutama informasi dari sekolah kepada wali siswa. Sebagaimana diketahui bahwa wali siswa harus mengetahui segala informasi tentang sekolah, terutama tentang program yang diselenggarakan di sekolah termasuk informasi beasiswa. Sayangnya, terkadang sekolah kesusahan untuk melakukan sharing informasi.

Oleh karena itu, dibuatlah website untuk sekolah tersebut. Melalui website ini, semua kegiatan yang ada di sekolah bisa ditampilkan dengan baik. Wali siswa pun bisa membuka dan mengecek informasi yang ada dari mana saja dan kapan saja. Hal inilah yang nantinya akan menjadi bentuk transparansi sekolah kepada pihak wali siswa.

  • Media promosi

Dahulu, sebelum website muncul, sekolah menggunakan brosur sebagai sarana promosi, terutama ketika tahun ajaran baru. Cara tersebut saat ini bisa dikatakan tidak cukup efektif dan membutuhkan banyak biaya untuk mencetak brosur. Belum lagi, harus ada petugas yang membagikan brosur tersebut dan hal ini cukup merepotkan.

Meskipun tetap membuat brosur, namun detail website pendidikan bisa diandalkan untuk promosi. Ya, di website tersebut, informasi mengenai pendaftaran siswa baru –atau lainnya, bisa ditampilkan dengan lengkap. Tidak hanya itu, pihak sekolah bisa berhemat tentang pengeluaran.

  • Menyambung hubungan guru dan alumni

Fungsi lain dari website adalah untuk menyambung hubungan guru dan alumni. Salah satu keunggulan website adalah platform tersebut adalah bisa menyimpan data secara berurutan yang disesuaikan dengan program. Dengan platform ini, data mengenai guru atau alumni bisa ditampilkan dengan sangat baik.

Ini adalah hal yang cukup penting. Alumni bisa dijadikan penilaian mutu dari sekolah. Dengan menampilkan daftar alumni, terutama dengan kondisi terkini pasca lulus, maka sekolah akan mendapatkan tambahan nilai positif dari masyarakat.

Beberapa fungsi di atas bisa menjadi alasan kenapa sebuah website pendidikan adalah hal yang penting terutama saat ini. Oleh karena itu, ada semacam keharusan yang menuntun sekolah untuk memiliki website demi eksistensi mereka.

Copyright Javier Mini Blog 2020
Shale theme by Siteturner