Penyebab Dan Cara Mengatasi Masalah Telat Haid

Penyebab Dan Cara Mengatasi Masalah Telat Haid

 

Datang bulan atau mens adalah suatu hal yang pasti akan dirasakan tiap wanita. Pada proses datang bulan ini akan terdapat perubahan fisiologis di dalam tubuh si wanita tersebut yang terjadi dengan secara berkala. Selain itu, datang bulan juga dipengaruhi oleh sebuah hormon reproduksi yaitu baik itu FSH – Estrogen atau pun LH – Progesteron juga. Periode datang bulan ini penting tentu dalam segi reproduksi. Karena penyebab telat haid akan bisa mempengaruhi tingkat kesuburan. Pada setiap manusia, maka hal ini biasa terjadi tiap bulan antara remaja sampai hingga menopause. Selain pada wanita, periode ini juga terjadi pada mereka primata-primata besar, dan sementara binatang-binatang yang menyusui lain mengalami siklus yang namanya estrus.

Beberapa Penyebab Dari Telat Datang Bulan

Haid adalah proses setiap wanita mengeluarkan cairan darah dan juga cairan lain yang berasal dari lapisan rahimnya melalui vagina serta dengan interval yaitu bulanan. Hal tersebut dialami wanita masa pubertas sampai menopause, kecuali masa kehamilan. Lalu datang bulan biasanya dirasakan selama tiga sampai lima hari. Sementara usia rata-rata gadis untuk mendapat haid pertamanya ialah saat 12 tahun. Untuk kasus lain, ada yang 15 tahun juga.  Siklus haid normal umumnya yaitu tiap 28 hari. Tetapi terkadang, Anda mendapat haid lebih cepat juga bisa atau datang bulan lebih lama, yang biasanya bisa 35 hari. Lebih baik anda juga perlu tahu beberapa penyebabnya telat haid yaitu seperti berikut.

Telat Datang Bulan Karena Stres

Stres menjadi salah satunya penyebab dari telat haid/ terlambat haid dan yang sering dialami oleh wanita. Ketika sedang stres, maka tubuh akan bisa memproduksi hormon yang namanya kortisol. Produksi jenis hormon kortisol ini yang berlebihan maka akan dapat memengaruhi dari bagian otak yaitu yang berperan mengatur menstruasi yakni hipotalamus. Hal ini akan dapat menyebabkan siklus datang bulan haid Anda menjadi lebih awal atau telat. Bisa juga tidak datang bulan sama sekali, bahkan bisa terasa lebih menyakitkan. Maka kalau Anda merasa haid ini datangnya telat serta kebetulan anda sedang stres, coba berlatih teknik untuk relaksasi. Misal untuk mengatas datang bulan dapat seperti meditasi. Lalu mulai juga untuk mengubah lifestyle gaya hidup anda agar bisa lebih sehat. Yaitu dengan coba menerapkan pola sehat makan dan juga olahraga teratur. Anda bisa juga menghilangkan rasa stres dengan cara melakukan hal-hal menyenangkan hati.

Telat Datang Bulan/ Haid Karena Hamil

Bisa saja telat haid ini karena hamil. Jadi datang bulan telat salah satunya tanda yang paling awal pada proses kehamilan. Coba anda ingat-ingat kapan terakhirnya kali haid, dan lalu kapan terakhir kali anda berhubungan seksual dengan pasangan anda. Kemudian, coba juga amati adakah dampak gejala selain dari telat haid tertentu yang Anda telah rasakan. Sebagai conoth misalnya ada timbul bercak kecokelatan, lalu mual, payudara juga nyeri dan juga bengkak. Bisa juga terasa lebih mudah lelah akhir akhir ini. Jika berbagai macam gejala ini memang Anda rasakan, maka tidak ada salahnya untuk beli test pack atau alat untuk tes kehamilan. Tentu memang penyebab terlambat datang bulan masih ada banyak lagi seperti aktivitas fisik berat, dan sebagainya. Itu saja bahasan seputar telat haid di atas. Semoga bisa berguna untuk anda semuanya.