Restrukturisasi KPR BTN, Kini Bisa Lewat Online!

Restrukturisasi KPR BTN, Kini Bisa Lewat Online!

Tak Perlu Datang Ke Kantor Cabang, Restrukturisasi KPR BTN Lebih Mudah

Sejak merebaknya pandemi COVID-19 atau lebih dikenal dengan Virus Corona, berbagai lini kehidupan masyarakat Indonesia mengalami dampak menurun termasuk ekonomi. Untuk itu, pemerintah Indonesia langsung mengambil tindakan cepat seperti salah satunya keringanan atau pelonggaran untuk membayar cicilan kredit bagi debitur yang terdampak. Aturan pelonggaran tersebut juga telah diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK).

BTN mendukung kebijakan tersebut dengan menyediakan Restrukturisasi KPR. BTN menyadari kondisi usaha dan kondisi keuangan debitur selama masa pandemi tentunya berdampak. Restrukturisasi KPR ini merupakan upaya perbaikan yang dilakukan BTN terhadap debitur untuk tetap memenuhi kewajibannya serta memiliki itikad baik.

Adapun skema keringanan dan pelonggaran Restrukturisasi KPR BTN beragam sesuai data nasabah, misalnya penurunan suku bunga, perpanjangan jangka waktu dan pengurangan tunggakan pokok atau bunga. Jika Anda termasuk salah satu debitur yang ingin mengajukan Restrukturisasi KPR BTN, buka halaman website Restrukturisasi pada www.rumahmurahbtn.co.id dan pilih jenis KPR yang pernah diajukan. Kemudian, ikuti langkah-langkah di bawah ini, yuk!

Restrukturisasi KPR Konvensional

Untuk membantu mengurangi resiko penyebaran dan penularan COVID-19, BTN menyediakan platform melalui website untuk debitur mengajukan Restrukturisasi KPR. Semua pengajuan dilakukan secara online di www.rumahmurahbtn.co.id, Sehingga tidak perlu datang ke kantor cabang terdekat. Untuk KPR Konvensional terdapat dua cara pengajuan yaitu melalui email dan langsung mengisi formulir di website.

Untuk pengajuan melalui email, download formulir yang diperlukan terlebih dahulu, yaitu formulir permohonan restrukturisasi, formulir penghasilan dan formulir pernyataan terdampak COVID-19. Lalu. debitur mengisi dan menandatangani ketiga formulir. Selah itu, debitur melakukan foto atau scan untuk data seperti KTP, scan ketiga formulir yang telah Anda unduh sebelumnya, dan swafoto/selfie tampak depan debitur dengan memegang KTP serta ketiga formulir tersebut secara terpisah.

Semua hasil scan tersebut dapat dikirimkan pada email [email protected] dengan judul email dan nama file lampiran yang benar, Judul email: Restrukturisasi BTN, Nama: Nomor Rekening, serta setiap file lampiran diberikan nama lengkap pada urutan paling belakang. Misalnya judul email: Restrukturisasi BTN, Ardiansyah, 00010001000 dan nama attachment yaitu KTP Ardiansyah. Begitu juga dengan nama file lampiiran lainnya.

Pastikan nomor telepon, Whatsapp atau email Anda aktif, karena apabila permohonan disetujui, debitur akan menerima informasi melalui cara di atas berisikan persetujuan restrukturisasi dan addendum Perjanjian Kredit (PK) dari petugas BTN. Lalu, apabila Anda menyetujui, debitur akan menandatangani addendum PK dan mengirimkannya kembali.

Restrukturisasi KPR Syariah

Bank BTN Syariah juga mengerti permasalahan dan kesulitan NASABAH dalam melakukan pembayaran angsuran, dengan adanya Restrukturisasi KPR. Untuk proses pengajuan juga dilakukan www.rumahmurahbtn.co.id, Secara langkah tidak berbeda jauh dengan Restrukturisasi KPR Konvensional. Awali dengan nasabah melakukan download, mengisi dan menandatangani untuk ketiga formulir, yakni formulir permohonan restrukturisasi, formulir penghasilan dan formulir pernyataan terdampak COVID-19. Nasabah melakukan foto dan scan KTP, scan ketiga formulir yang telah diunduh, dan swafoto/selfie tampak depan nasabah dengan memegang semua dokumen secara terpisah.

Seluruh dokumen bisa dikirim melalui email masing-masing Kantor Cabang Syariah (KCS) tempat pengajuan pembiayaan. Ketentuan judul email dan nama file lampiran pun sama dengan Restrukturisasi KPR Konvensional. Pastikan nomor telepon, Whatsapp atau email nasabah aktif, karena apabila permohonan disetujui, debitur akan menerima informasi melalui cara di atas berisikan persetujuan restrukturisasi dan addendum Perjanjian Pembiayaan (PP) dari petugas BTN Syariah. Lalu, apabila Anda menyetujui, nasabah akan menandatangani addendum Pembiayaan dan mengirimkannya kembali.

Terdapat 25 cabang KCS pada area Jabodetabek (Jakarta Harmoni dan Pasar Minggu, Tangerang, Bogor, Bekasi), area Jawa dan Banten (Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Malang, Solo, Semarang, Cirebon, Tasikmalaya, Tegal dan Cilegon), area Sumatera (Batam, Medan, Pekanbaru, Palembang, Banda Aceh), area Kalimantan (Balikpapan, Banjarmasin), area Sulawesi (Kendari, Makassar) dan area Nusa Tenggara Barat (Mataram).

Selain melalui email, Restrukturisasi KPR Syariah dan Konvensional bisa diisi langsung di website www.rumahmurahbtn.co.id. Isi formulir restrukturisasi online, seperti nama, kantor cabang, nomor rekening kredit, nomor telepon, dan lampirkan scan ktp, formulir permohonan restrukturisasi, formulir penghasilan, formulir pernyataan terdampak COVID-19 serta swafoto/selfie. Klik “Ajukan” dan langsung terkirim.

Ketahui Syarat dan Ketentuan Restrukturisasi KPR BTN

Dilansir Kompas.com pada April 2020 lalu, Executive Vice President Nonsubsidized Mortage & Consumer Landing Division (NSLD) BTN, Suryanti Agustinar mengungkapkan plafon KPR tidak dibatasi. Namun unuk KPR non subsidi rata-rata sekitar 350 jutaan dan KPR subsidi rata-rata sekitar 100 jutaan.

Adapun 3 syarat yang harus dipenuhi debitur/nasabah dalam melakukan Restrukturisasi KPR BTN, yaitu debitur/nasabah mengajukan permohonan restrukturisasi kredit, debitur/nasabah yang dapat mengajukan keringanan cicilan KPR belum pernah menunggak pembayarannya atau lancar, serta debitur/nasabah yang usaha atau tempat kerjanya terdampak langsung atau tidak langsung, sehingga pendapatan atau penghasilannya menurun atau berkurang, dan tidak mampu membayar angsuran sesuai kewajiban.

Mau tahu lebih lanjut mengenai Restrukturisasi KPR BTN? Tanyakan secara langsung atau live chat dengan agen BTN, Rara. Asisten Rumah Murah BTN ini dapat membantu setiap pertanyaan Anda. Live chat bisa ditemui pada kanan bawah website yang berbentuk logo Rumah Murah BTN. Untuk, informasi seputar Restrukturiasi KPR juga bisa Anda dapatkan dengan menghubungi Kantor Cabang BTN terdekat, atau contact center resmi BTN di 1500-286. Semoga pandemi COVID-19 cepat berlalu dan kita selalu sehat ya!