Tanda dan Gejala Seseorang Terkena Anemia Aplastik

Tanda dan Gejala Seseorang Terkena Anemia Aplastik

Di antara beberapa kondisi ketidaknormalan darah, salah satunya adalah anemia aplastik. Anemia jenis ini merupakan penyakit yang membuat tubuh berhenti untuk memproduksi sel darah, baik itu sel darah merah, putih, bahkan trombosit. Meskipun penyakit ini terhitung langka, tapi sangat berbahaya untuk penderitanya. Terlebih, penyakit ini bisa tiba-tiba muncul atau pun secara perlahan-lahan. Beberapa gejala atau tanda-tandanya adalah sebagai berikut ini.

Tanda-Tanda dan Gejala Anemia Aplastik

  1. Mudah lelah

Tanda-tanda paling umum penderita anemia adalah memiliki tubuh yang mudah lelah meskipun dengan sedikit kegiatan. Hal ini karena tubuh kekurangan sel darah merah, yang mana kurangnya hemoglobin dapat berakibat pada tidak tersebarnya oksigen dengan baik. Dikarenakan suplai oksigen yang kurang, organ-organ di dalam tubuh pun menjadi kurang maksimal.

Oleh sebab itu, ada baiknya kamu segera berkonsultasi ke dokter ketika merasa mudah lelah. Meskipun tidak terkena anemia aplastik, setidaknya kamu memiliki penanganan untuk kondisi anemia yang biasa.

  1. Kepala pusing dan sakit

Gejala sakit kepala dan pusing memang bisa mengarah ke berbagai penyakit, salah satunya adalah pertanda anime aplastik. Hal ini karena penderita anemia ini akan kekurangan hemoglobin, sehingga aliran darah ke otak menjadi sedikit. Kekurangan oksigen ini akan menimbulkan sensasi pusing. Selain itu, penderita anemia aplastik juga akan seperti tersengat sakit kepala karena pembengkakan pembuluh darah. Pembengkakan yang terjadi akan membuat bagian kepala lainnya tertekan. Hal inilah yang menyebabkan sakit kepala.

  1. Kulit menjadi pucat

Berbeda dengan tubuh orang normal yang darahnya mencukupi semua jaringan tubuh, orang yang menderita anemia biasanya berkulit pucat. Bagian yang memucat ini bisa ke seluruh tubuh, termasuk wajah, bibir, bahkan gusi. Bisa juga sampai bagian dalam kelopak mata dan sampai kuku maupun ujung jari kaki serta tangan. Biasanya, penderita anemia yang parah akan sangat tampak gejala seperti ini, sehingga ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

  1. Tiba-tiba sesak napas

Gejala sesak napas sebenarnya bukan gejala yang bisa diprediksi oleh penderita anemia aplastik. Sesak napas datang dengan tiba-tiba dan langsung terjadi begitu saja. Hal ini terjadi karena penderita mengalami kekurangan pasokan oksigen pada otot-ototnya, padahal tubuh harus tetap beraktivitas dengan menggerakkan otot. Ketika hal itu terjadi, paru-paru akan bekerja keras untuk mendapatkan oksigen, sehingga pernapasan menjadi lebih cepat.

  1. Jantung berpacu lebih cepat

Salah satu kondisi lain yang menjadi gejala anemia aplastik adalah terjadinya palpitasi atau ritme jantung yang tidak normal. Hal ini terjadi karena jantung bekerja terlalu keras untuk memompa darah ke seluruh organ. Namun, karena darah yang dibutuhkan kurang, kerja jantung pun menjadi berlebihan.

Gejala lainnya yang dapat kamu lihat adalah kuku, rambut, serta kulitmu menjadi lebih kering daripada biasanya. Apabila sudah parah, bahkan tubuh bisa memar-memar tanpa tahu sebabnya. Bisa juga mimisan dan gusi berdarah, atau malah perdarahan yang terus menerus.

Copyright Javier Mini Blog 2020
Shale theme by Siteturner