Servis Mobil

Tips Jitu Merawat Kendaraan agar Terhindar dari Biaya Servis Mobil yang Mahal

 Saat memutuskan untuk memiliki mobil, itu artinya Anda sudah siap dengan segala konsekuensinya. Salah satunya adalah kewajiban untuk merawat kendaraan tersebut dengan sebaik-baiknya. Agar mobil bisa memiliki usia pemakaian yang lama, maka cara merawatnya pun tidak boleh sembarangan.

Anda harus menyusun jadwal servis secara rutin agar performa mobil Anda tetap bagus dan tidak mogok saat digunakan. Selain jadwal servis, Anda juga harus bisa melakukan perawatan mobil secara mandiri. Ini dimaksudkan agar bisa mengurangi budget servis kendaraan semaksimal mungkin. Lakukan beberapa hal berikut ini agar performa mobil tetap dalam kondisi prima.

Cuci Mobil

Agar noda yang melekat pada mobil mudah dibersihkan, Anda harus mencuci mobil minimal seminggu sekali. Apalagi jika kendaraan Anda memiliki warna yang terang seperti putih, tentu nodanya akan mudah terlihat.

Sebelum melakukan servis mobil secara berkala, setidaknya cuci mobil Anda secara rutin. Gunakan sabun khusus untuk mobil serta lap yang halus agar lapisan cat tidak tergores. Jika mobil tidak digunakan dalam waktu yang agak lama, sebaiknya gunakan penutup mobil agar tidak panas dan lembab.

Cek Tekanan dan Kondisi Ban

Hal yang satu ini terkesan sepele namun sangat fatal jika Anda abaikan begitu saja. Anda harus secara rutin melakukan pengecekan terhadap kondisi ban dan juga tekanannya. Minimal, hal tersebut Anda lakukan sebulan sekali. Terutama sebelum melakukan perjalanan panjang, wajib bagi Anda untuk melakukan pengecekan tersebut.

Periksa apakah tekanan ban sudah mencukupi dan kondisi ban masih layak pakai. Jika terdapat cacat atau ban sudah menipis, sebaiknya lakukan penggantian ban demi keamanan perjalanan Anda. Tidak perlu malu jika tidak bisa ganti ban sendiri. Anda bisa pergi ke tukang tambal ban atau bengkel terdekat untuk melakukan penggantian ban tersebut.

Cek Air Radiator

Pengisian air radiator merupakan salah satu hal yang sering terlupakan oleh pemilik kendaraan. Agar mobil tidak sering mengalami overheat, Anda harus memastikan bahwa air dalam tabung radiator sudah terisi. Dengan demikian, mesin mobil akan bekerja dengan baik.

Cek Aki Mobil

Selain air radiator, pengecekan air aki juga harus dilakukan secara rutin. Pastikan bahwa air aki mobil Anda berada pada level yang seharusnya. Terdapat garis batas sebagai penanda yang bisa Anda lihat saat pengisian air aki.

Cek Oli

Umumnya, penggantian oli mobil dilakukan oleh bengkel servis mobil setiap 6 bulan sekali atau ketika mobil sudah mencapai 5.000-10.000 km. Anda juga bisa melakukan tes sederhana untuk mengetahui apakah sudah waktunya untuk mengganti oli kendaraan Anda tersebut. Ini diperlukan agar mesin mobil bisa tetap bekerja secara optimal.

Cara pertama adalah dengan meneteskan sedikit oli ke tangan Anda. Rasakan apakah ada serpihan halus atau kotoran pada oli tersebut. Kedua, lihatlah apakah kondisi oli menjadi encer dan berwarna hitam.Cara ketiga adalah dengan menyalakan kendaraan dan perhatikan apakah bunyi mesin terasa kasar atau tidak. Jika semua indikasi tersebut muncul, itu tandanya oli mesin harus segera diganti.

Anda bisa mengganti oli secara mandiri. Banyak sekali panduan yang bisa Anda terapkan dengan mudah. Jika tidak mau repot, Anda bisa mendatangi bengkel mobil terdekat dan meminta untuk dilakukan penggantian oli mobil.

Cek Rem dan Kopling

Bagi Anda pemilik mobil manual, pastikan bahwa kampas kopling bisa berfungsi dengan baik. Jika sudah aus, salah satu tandanya adalah perpindahan gigi atau persneling yang terasa berat. Hal ini bisa mengganggu kenyamanan Anda saat mengendarai mobil tersebut.

Selain itu, cek juga kampas rem mobil Anda. Jika sudah terasa sulit atau harus menekan pedal sekuatnya untuk mengerem. Maka, itu tandanya kampas rem juga harus diganti. Untuk pengecekan kopling, sebaiknya dilakukan jika sudah mencapai batas antara 10.000-50.000 km. Sedangkan untuk kampas rem sebaiknya dilakukan setiap 20.000 km.

Untuk menghindari biaya servis mobil yang membengkak, Anda harus rajin merawat kendaraan yang Anda miliki. Lakukan pengecekan secara rutin terhadap tekanan ban, kampas kopling, rem, air radiator, oli, dan aki pada mesin Anda. Selain itu, dengan mencucinya secara berkala, maka performa dan tampilan mobil Anda akan semakin prima.

Copyright Javier Mini Blog 2020
Shale theme by Siteturner