Tips Menghadapi Dunia Perkuliahan

Tips Menghadapi Dunia Perkuliahan

Memilih kampus digital di Medan sudah selesai, setelah itu akan masuk pada tahap pengembangan dan kebiasaan diri yang awalnya dari siswa menjadi mahasiswa. Hal ini tidak bisa dibilang mudah namun tidak juga terlalu sulit asalkan memahami cara-caranya. Akan banyak tantangan yang ditemui pada saat proses perkuliahan yang pastinya belum pernah ditemui selama masa-masa sekolah.

Tips Untuk Mahasiswa Baru

Mahasiswa yang sukses di kampus dipengaruhi oleh banyak hal baik itu dari sistem pembelajaran, teman-teman, dosen, lingkungan perkuliahan, orang tua, pergaulan, bahkan dari diri sendiri. Tujuan mahasiswa bukan hanya untuk mengejar prestasi di bidang akademik namun juga untuk melatih pola pikir dan melakukan pengembangan diri. Untuk yang baru menjad mahasiswa baru bisa mengikuti beberapa tips ini dalam menghadapi dunia perkuliahan :

  1. Manfaatkan masa ospek

Ospek merupakan masa orientasi yang wajib diikuti oleh semua mahasiswa baru di kampus tersebut. Namun banyak yang takut untuk mengikuti ospek karena takut melakukan kesalahan dan akhirnya dimarahi.

Padahal jika dimanfaatkan dengan baik, ospek dapat memberikan banyak manfaat misalnya seperti mendapatkan banyak teman baru dari berbagai daerah tidak peduli apakah satu jurusan atau berbeda jurusan, melatih mental sebelum mulai kuliah, dan siap menghadapi tantangan.

  1. Pintar memilih teman baru

Anda juga harus pintar memilih teman di kampus karena teman juga dapat memberikan dampak pada masa depan. Apabila merasa kesulitan, teman yang tepat tentu akan membantu anda dan menyelesaikan masalahnya bersama-sama. Teman yang baik juga akan mempengaruhi kualitas dan pribadi anda nantinya. Namun jangan sampai memanfaatkan teman yang baik agar bisa mencapai tujuan pribadi karena hal tersebut tidak pantas dilakukan oleh setiap orang.

  1. Jangan ragu untuk bertanya

Semakin banyak bertanya tentu ilmu dan informasi yang didapatkan juga akan semakin bertambah. Pada saat pembelajaran, jangan ragu untuk bertanya kepada dosen apa yang tidak anda mengerti. Bisa juga bertanya kepada senior di jurusan yang sama untuk mendapatkan informasi jurusan di semester berikutnya atau tips belajar yang baik.

  1. Pelajari cara mengatur keuangan

Semakin dewasa seseorang pastinya harus mulai mempelajari cara mengatur keuangan baik secara mingguan atau bulanan yang dapat membawa kesuksesan di kemudian hari. Keuangan yang diatur dengan baik tentu saja akan memberikan keuntungan. Seorang mahasiswa harus terampil dalam mengatur pengeluaran dan pemasukan apalagi jika melakukan kerja part-time sambil kuliah.

Tidak jarang mahasiswa pada akhirnya jatuh karena masalah keuangan yang tidak stabil misalnya uang yang habis sebelum waktunya padahal masih banyak pengeluaran seperti makan, kuliah, dan lainnya. Agar hal tersebut tidak terjadi, cobalah untuk mengatur pengeluaran dan pemasukan, jangan terlalu boros dan gunakan dana hanya untuk kebutuhan penting saja.

  1. Temukan cara belajar yang ideal

Terdapat banyak metode pembelajaran yang ada sehingga setiap orang dapat menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan karakteristiknya masing-masing. Teruslah kembangknan diri anda dan pahami diri anda sendiri, coba berbagai macam metode pembelajara dan temukan mana yang sekiranya sesuai dengan anda.

UMA (Universitas Medan Area) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta terbaik di Sumatera Utara dan juga termasuk kampus terbaik di Medan. UMA sudah dikenal sebagai kampus yang memiliki peran aktif dalam pengembangan mahasiswanya dengan berbagai kegiatan yang aktif dijalankan oleh mahasiswa. Apabila ingin melihat informasi jurusan dan administrasi bisa langsung mengunjungi www.uma.ac.id.

Copyright Javier Mini Blog 2020
Shale theme by Siteturner